Pelajaran Baru – Lebaran Tanpa Almarhum Bapak

image

Lebaran tahun 1433 H ini adalah lebaran kali pertama tanpa bapak. Jika lebaran tahun ini jatuh pada tanggal 19 Agustus 2012, maka pada tanggal 14 Agustus 2012-nyaa tepat 8 bulan sudah alm bapak saya berpulang ke rahmatullah.

Berat? Tentu saja. Seumur saya hidup sekalipun belum pernah saya terpisah apalagi berlebaran berbeda kota maupun tempat. Semua kenangan berlebaran di masa lalu, belanja, beli baju, berpuasa, pergi silaturahim, mudik ke Bandung maka bapak saya selalu berada di dalam ceritanya.

Perasaan sedih sudah terasa ketika Ramadhan menjelang. Bapak gak ada. Kami pun berpuasa dengan sederhana. Menu makanan rasanya tidak semeriah tahun sebelumnya. Mungkin ketiadaan bapak membuat acara masak menjadi simple karena kepala keluarga yang dilayani sudah tiada.

Continue reading

Advertisements

LEBARAN – peLEBARAN badan

image

selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1433 H.

Setelah satu bulan kita berpuasa akhirnya tiba juga kemarin kita di hari nan fitri. Idul Fitri tahun ini nyaris serentak dan gak ada perbedaan hari ataupun mundur seperti tahun lalu. Alhamdulillah.

Idul Fitri atau juga kita sebut lebaran tentu identik dengan hidangan-hidangan khas yang dari tahun ke tahun dipastikan ada. Salah satunya ketupat. Ketupat saya fikir hampir rata dijadikan menu utama di banyak daerah. Mungkin sayur dan lauk pauknya saja yang berbeda.

Continue reading

Lebaran Jadi Dua

wah lambat banget ya cerita tentang lebaran sekarang, sementara Syawal aja mau habis.Tapi saya tetep deh mau cerita tentang lebaran tahun ini yang sumpah jadi lebaran paling gak biasa 🙂

Awalnya saya dan keluarga juga masyarakat sekitar saya berkeyakinan lebaran akan jatuh di hari Selasa, 30 Agustus sebagaimana tercantum di kalender. Sepanjang saya ingat memang kalender tidak pernah meleset, saya pasti akan berlebaran sesuai jadwal di kalender. Namun tahun ini ternyata tidak demikian, lebarannya mundur. bener2 luar biasa deh 🙂

Hari Senin yang kami kira malam takbiran, mamah saya sudah masak besar. seperti biasa, malam buka puasa terakhir biasanya ketupat, rendang, opor dan segala hidangan lebaran sudah matang. Kami pun berbuka dengan hidangan lebaran sesuai rencana. Tapi tidak sesukacita biasanya karena harap-harap cemas menanti sidang isbat yang konon tersiar kabar lebaran akan bergeser ke hari lusa.

Continue reading

Mohon Maaf Lahir dan Batin, Selamat Lebaran Teman!

lebaran

Allahu akbar… allahu akbarallahu akbar… laailahailallah huallahhu akbar… allahu akbar walilla ilham

Takbir berkumandang menghiasi malam ini, tak terasa besok hari adalah hari lebaran. Baru saja rasanya kita menyambut hadirnya bulan puasa, ternyata sudah akan tiba hari lebaran.

Saya selaku pribadi yang juga merupakan bagian dari kehidupan di dunia maya pastinya tidak akan luput dari segala kesalahan dan kekhilafan, baik yang dilakukan secara sengaja maupun yang tidak saya sadari.

Melalui posting blog ini,saya obenk atau akuiniobenk yang bernama asli Dina memohon maaf yang sebesar – besarnya kepada teman – teman yang sehari – harinya berinteraksi dengan saya di jagad maya ini.

Salam manis saya kirimkan kepada teman – teman jauh dimata dekat di hati di facebook dimana rasanya kita bertemu setiap hari di wall padahal sesungguhnya jasad kita tak saling bertemu. Maaf jikalau ada kata – kata yang saya posting mengganggu perasaan teman – teman yang membacanya. Saya pun meminta maaf jika ada komentar – komentar saya yang tidak berkenan di hati pada situasi dan suasana tertentu. Mohon Maaf Lahir batin ya…

Continue reading

Selamat Tinggal Ramadhan, Selamat datang Syawal

beduk

Malam ini sama dengan malam kemarin, dingin. Namun nuansa dan suasananya jauh berbeda. Malam ini adalah malam takbir, tiba sudah kita di penghujung bulan Penuh Rahmat Bulan suci Ramadhan. Takbir berkumandang dari pengeras – pengeras mesjid sekeliling dan juga televisi. Tunai sudah ibadah puasa kita, ibadah menahan lapar dan haus selama 30 hari bulan Ramadhan.

Syawal memang menyenangkan, Syawal memang menggembirakan, Syawal memang berbau kemenangan. Namun Siapa yang dapat mengalahkan indahnya Ramadhan, indahnya semua kebersamaan, suasana berpuasa bersama, berbuka bersama dan menikmati hari demi hari kala Ramadhan bergulir.

Malam ini semuanya usai, Ramadhan penuh sukacita itu tergantikan bulan Syawal penuh kemenangan. Ibadah puasa kita dalam satu bulan kemarin hanya akan jadi kenangan, namun mudah2an dampak dan makna berpuasa kemarin melekat selalu dalam diri kita dengan menjelma menjadi seseorang yang lebih baik.

Continue reading

Lebaran 1430 H

kalender

kalender

Hm, diingatkan oleh status beberapa teman, ternyata lebaran tahun ini jatuh di tanggal yang cantik juga ya??! tanggal 20 bulan 09 tahun 2009. Jika ditulis berderet menjadi 20.09.2009 atau 2009-2009. keren ya?? ah, hal seperti ini selalu tampak keren padahal banyak juga kejadian serupa. Berarti tahun lalu tanggal 20.08.2008 juga cantik dong.

Kalo begitu, saya pasang reminder ah di HP untuk tanggal 20/10/2010. biar saya yang paling duluan ingetin yang lain perihal nomor cantik ini. (masih sisa 2 tahun lagi neh untuk model tanggal seperti ini..yaitu hingga 2012)

nah loh..jadi inget ramalan the end of the world di tahun 2012..

Pasar Tradisional

pasar anyar bogor

pasar anyar bogor

Hari Jumat lalu, tepat 2 hari sebelum lebaran tiba saya diminta ikut kepasar bersama ibu, tante juga nenek saya. Mendengar kabar bahwa lebaran tahun ini akan bergeser satu hari dari kalender semula, wanita – wanita di keluarga saya yang bertanggung jawab di divisi masak – memasak memutuskan untuk berbelanja kebutuhan dapur pada hari Jumat. Maka pergilan saya pagi jam 7 di hari itu.

Pasar tampak ramai, ramai melebihi ramai biasanya.angkutan umum sulit menembus jalanan karena banyak pedagang sayuran yang menjual sayurnya di sepanjang sisi jalan.

Saya berjalan mengikuti ketiga wanita 2 generasi ini, terutama nenek saya yang sebetulnya sudah terlalu sepuh untuk pergi ke pasar. Namum ternyata tenaga dan semangatnya melebihi siapapun, bahkan yang muda sekalipun. Satu per satu sayuran mereka beli, sesekali mereka bertiga berbelanja di penjual yang sama namun di waktu lain mereka belanja sendiri – sendiri secara terpisah. Semua itu bergantung kepada kebutuhan dapur masing – masing dan menu yang akan di buat.

Continue reading