Berkunjung Ke Kampung Ramah Lingkungan “Nusa Indah”

image

Hari ini saya bersama lima rekan kerja di kantor mengunjungi suatu kampung di daerah Klapanunggal – Kabupaten Bogor. Kampung yang berada tidak jauh dari keberadaan pabrik semen terkenal ini disebut sebagai kampung ramah lingkungan karena warga kampung ini mengisi dan menghiasai pekarangan rumah-rumah mereka dengan tanaman sayur mayur.

Pukul 9.00 WIB sesuai perjanjian di awal saya bertemu dengan kelima teman lainnya di sebrang sebuah toserba di kawasan Cibinong. Saya, Desri, Nova, Kiki, Ati dan Teh Ani dari Cibinong lanjut meluncur ke pemberhentian selanjutnya dimana kami akan dijemput oleh PPL setempat ke kampung tujuan. Menggunakan 3 motor (saya, Desri dan Ati dibonceng karena gak bisa bawa motor huhu), saya udah pasrah dari awal meluncur ke arah cibinong citeureup dan sekitarnya untuk bertemu terik matahari, jalanan panas dan debu jalanan. Sekaligus memasrahkan diri ama yang bonceng dan Teh Ani sebagai ketua rombongan moga saya gak mereka culik lalu dibuang di jalan karena saya gak akan tau jalan pulang hahaha.

Continue reading

Menanam Bunga Matahari

Pekan lalu, 6 Mei 2013 pas saya berulang tahun saya membeli sebuah pot keramik lengkap dengan media tanam dan bibitnya yang dijual dalam satu paket. Salah satunya adalah bunga matahari. Saya membelinya di toko peralatan rumah tangga modern yang cukup ternama.

image

Tanggal 7 Mei 2013 saya mulai membongkar paket dan mengikuti petunjuk lalu mulai menanam benihnya. Berharap tanaman ini berhasil hingga berbunga nanti. Kan lucu ya bayangin di bunga matahari mekar di rumah.

image

Bibitnya mirip kuaci ya.. hehe memang kuaci. Saya heran dengan media tanamnya. Seperti bubuk kayu tapi huja saat dibasahi mirip dengan pasir kasar di pantai. Saya menanam seluruh bibit dalam pot keramik putih tadi dengan jeda per bibit sekitar 1 cm.

Setiap pagi pot ini saya simpan di teras dan membiarkan mandi matahari. Sesekali saya semprot dan membasahinya tanpa terlalu banyak air.

Ini penampakan tanaman bunga matahari di tanggal 10 Mei 2013 (Hari ke-3)

image

Ini penampakan pada hari ke-7 13 Mei 2013

image