OVER THINKING

image

Kita kadang terkejut saat menyadari begitu mudahnya diri kita terganggu. Cukup dengan terlalu banyak tidur, terlalu lama bermain gadget dan saat dalam posisi merebahkan diri tiba – tiba saja kita merasa diri kita kosong dan hampa. gue merasakannya di pergantian hari di akhir tahun kemarin. memutuskan istirahat (terlalu banyak istirahat) membuat kita terlalu banyak waktu untuk diam.

Pada saat diam itulah ketenangan yang semestinya muncul malah tergantikan dengan segala pikiran yang tiba-tiba berkecamuk. Dalam sebuah buku gue menemukan kalimat bahwa pada saat kita berusaha mengosongkan pikiran justru itu menjadi pemicu semua pikiran menjadi datang. Banyak diam justru memberikan kita waktu untuk berpikir terlalu banyak, mencemaskan segala sesuatu yang belum terjadi, menyesali yang pernah terjadi dan berasumsi bahwa orang lain melakukan sesuatu karena ini dan itu.

Benak kita kelelahan berputar cepat antara mengenang  masa lalu, mencemaskan masa depan sehingga tak benar2 ada di saat ini. Tiba2 saja  perasaan negatif  berkumpul, energi kita susut dan tubuh lunglai seakan sekujur tubuh tak bertenaga. Resah dan tetap hampa sekalipun kemudian duduk. rasanya semakin dibiarkan kita semakin masuk tersedot ke lubang gelap.

Rasanya udah lama gak ngalamin begitu dan pagi itu gue berusaha melawannya. berkali – kali gue meyakinkan diri bahwa semua baik2 aja. gue mencoba bergerak dan mulai menata ulang lemari buku yang beratakan. Sayang teman2 gak ada yang bisa gue ajak main sehingga gue harus mencari solusi lain sendirian.

gue merasa lega saat akhirnya bisa mengutarakan keresahan gue ke seorang sahabat meski dengan random dan emosional. sepertinya yang kita butuhkan saat  itu adalah keluar dan bergerak sebelum benar2 tenggelam dalam lautan pikiran. saat masuk mall dan makan bersama lanjut belanja tiba2 himpitan hati tadi sirna. bagaimana sebelumnya gue merasa bisa tenggelam dari pikiran2 gue sendiri.

gue jadi belajar bahwa terlalu banyak diam juga bisa memicu kita over thinking atas segala sesuatu. Jika suatu hari merasakan hal yang sama, pesan gue adalah segeralah bangun dan bergerak mengerjakan sesuatu.

Leave a Reply

