LIMA BELAS RIBU PERAK

image

Siang ini saat beresin kamar gue nemuin catatan keuangan gue di sebuah buku agenda. Sepertinya ini catatan sekitar tahun 2003 yang artinya pada saat menulis catatan itu gue masih seorang mahasiswa semester 6 atau 7. Kayaknya waktu itu gue lagi jalanin resolusi untuk lebih tertib secara keuangan baik mencatat uang masuk maupun uang keluar untuk gue telaah setelahnya atau sebagai peluit kalo keborosan kumat.

Sedikit senyum bacanya karena yang gue catat sampe yang sepele-sepele. Tercatat sisa harta (begitu gue menyebutnya) pada awal catatan adalah 198.000 lalu bertambah setelah uang saku gue hari itu sebesar 15.000 rupiah masuk. Wah 12 tahun lalu uang jajan gue 15.000 sehari dan itu harus cukup untuk operasional gue sebagai mahasiswi yang kampusnya jauh dari rumah. Bertahun – tahun udah bisa cari uang sendiri dan mampu membiayai hidup sendiri catatan ini bikin termenung juga berapa kali inflasi yang gue lewati ya dan udah berapa fase hidup yang udah gue lewati.

image

Kala itu gue bergantung hidup dari uang 15.000 per hari yang dikasih oleh orang tua dan harus cukup. Sepertinya tahun itu dengan uang 3000 gue udah bisa makan dan biaya transportasi gue sekitar 7000 – 8500. Ampe uang 2000 upah ngerokin (sepertinya bapak) gue catat sebagai pemasukan. Dan ada biaya telp umum 100 perak. Hahahahaha catatan dari masa lalu gini udah kayak mesin waktu. Kertas bisa menyimpan sesuatu yang di ingatan kita bahkan udah samar dan terlipat-lipat ingatan baru. Menyenangkan beresin kamar siang ini gue seperti diingatkan lagi seperti apa kondisi gue di masa lalu.

Jasa orang tua tiada batasnya, mereka menyokong kita di saat kita belum mampu berdiri sendiri. Memastikan kita tercukupi meski pasti dalam keterbatasan mereka sendiri. Dan sekarang gue berdiri sebagai anak yang udah dewasa dan mampu membiayai diri sendiri. Gue jadi terharu.

Ebetewe, kalo sekarang uang 15.000 dipake naek gojek sekali selesai bahkan gue gak akan bisa pulang🙂

Leave a Reply

