4 Tahun

Jam nyaris pukul 02.30 dan gue belum memejamkan mata. Hari ini, 14 Desember kembali datang. 4 tahun lalu jam segini gue lagi duduk di lantai memeluk lutut menahan kantuk, Duduk deket bapak yang lagi di atas sajadah. Bibirnya bergerak – gerak tak bersuara, air matanya mengalir di pipi. Gue mendongakan kepala menyentuh punggungnya bertanya apa sakitnya masih terasa. Dia menggeleng dan menyuruh gue pergi tidur.

Gue gak bergeming.. Tetap duduk disana diam memeluk lutut. Bingung bapak selalu bilang sakit padahal obat sudah diberikan. Malam terasa lebih panjang hari2 tersebut. Harapan gue saat itu semoga Allah meringankan sakit apapun yang dirasakan oleh bapak.

Malam itu diam2 gue menangis duduk di lantai diantara ibu yang mengigau karena kelelahan dan bapak yang terisak di atas sajadah. gelisah menunggu pagi meski  tau pagi hari gue akan bertugas gantiin kakak jagain paman di RS.

Pagi hari saat bersiap pergi ke RS bapak bangun dan berusaha jalan sendiri ke kamar mandi lalu duduk di kursi. Meminta tukang pijit dipanggil ke rumah dan gue pamit pergi ke RS karena kakak harus ke kantor . Andai tau itulah pertemuan yang terakhir, gue memilih gak akan pergi meninggalkannya pagi2. Karena dzuhur gue dipanggil pulang dan mendapatinya udah terbujur kaku. Kembali ke sisi Allah.

Tanpa kata2 selamat tinggal dan sampai jumpa tiba2 aja bapak gak ada. Kami kebumikan dan sampai hari ini akhirnya gak pernah gue liat lagi. Dimana bapak gue? apa di sana Allah baik padanya? Gue memejamkan mata pun wujudnya mulai sulit gue gambarkan.

Hidup baik2 aja tapi rasa kehilangan terus mengikuti. Semakin lama semakin terasa hilang. Masih ingatkah almarhum kepada kami? Masih ingatkah almarhum semua kenangan saat hidup bersama kami?

Gue rindu alm bapak terutama di hari yang tak terlupakan ini.

Leave a Reply

