Tang Ting Tung Pake Gojek

image

sejak tau di Bogor mulai ada Go Jek yang satu dua beroperasi, di suatu sore saya pulang dari Botani Square menggunakan layanan gojek. itu pun masih dibookingin temen saya Amy karena saya kesulitan booking dari gadget saya sendiri. beberapa hari setelahnya saya kembali  pake gojek saat akan pulang dari (lagi-lagi) botani square🙂

untuk jarak tempuh maksimum 25km, selama tahap promo saya penumpang dikenai biaya Rp.10.000,-. nah berhubung botani ke rumah saya itu deket saya dikenai biaya 10rb. Selama masa promo tentu menguntungkan saya karena untuk tiba sampe rumah kalo dari Botani setidaknya saya harus mengeluarkan uang Rp. 11.500,- (1 kali naik angkot, lanjut ojek). meski gak cukup signifikan penghematannya, tapi benefit sesungguhnya adalah saya gak perlu nyebrang jalan lalu cari angkot, tinggal tunggu ojek nya nyamperin ke gerbang mall lalu tiba di rumah lebih cepat.

sebelumnya kalo males naik angkot saya pulang dari Botani bisa pake taksi atau manggil ojek pangkalan di deket rumah. keduanya tentu gak ekonomis karena untuk taksi seenggaknya saya harus siapin uang 35rb – 40rb. manggil taksi pangkalan juga kadang saya suka kasih cukup banyak karena rasanya udah repotin banget. tapi ada kemudahan ada biaya bukan? jadi saya gak terlalu bermasalah dengan itu.

Nah Gojek lagi promo gitu apalagi saya bayar pake Credit saya, ya enak di saya. karena saya merasa bayar murah tanpa ada perasaan gak enak. kan Go Jek nya di subsidi bukan? yang menjadi catatan adalah si abang gojek adalah orang asing yang baru saya temui, kalo ojek langganan setidaknya saya udah kenal. jadi tetep perlu hati2.

selanjutnya saya beberapa kali pake gojek dari rumah menuju kantor. kalo naik angkot saya saya keluarin uang Rp.7000,- kalo gojek Rp.10.000. malah lebih mahal ya, tapi selisih kemahalannya gak sebanding ama berapa waktu yang bisa saya hemat di perjalanan.

GO FOOD

image

Beberapa hari lalu saya mencoba layanan Go Food ketika berada di kantor. buat saya, ini layanan yang jauh lebih menguntungkan keberadaannya. Kalo Go Jek saya bisa mendapatkan alternatif lain mulai dari angkot, ojek pangkalan, taksi, ojek langganan atau bahkan tebengan teman🙂. Go Food paling asik karena bisa memenuhi keinginan kita jajan tanpa harus kita sendiri yang pergi. Drivernya nalangin biaya pesanan dan kita bayar di tempat sekaligus dengan uang jasa antar nya (yang sampe saat ini masih 10.000).

Percobaan pertama sukses, driver cekatan dan pesanan diantar tanpa ada kesalahan. abang gojek membaca note tambahan dengan teliti.apa beda layanan ini dengan pasukan delivery order resto2 cepat saji itu? bedanya gojek bisa mencapai tempat makan yang bahkan gak punya fasilitas layan antar. saya coba beli baso pak mien di taman cimanggu. coba kalo harus kesana sendiri.. jauh dan gak strategis.

Layanan ini yang akan jadi favorit dan jika pelayanan driver tetap prima dan gak mengecewakan bisa jadi ini layanan yang mestinya bertahan lama. sekalipun nanti udah gak promo. jasa ini belum terlalu banyak alternatifnya.

GO SHOPPING

image

minggu ini juga saya sempat menjajal layanan ini. layanan ini mujarab dipake oleh saya untuk membeli makanan tapi gak ada di katalog gojek. saya mencobanya untuk membeli cimol PP di abang gerobak di pinggiran jalan menuju malabar. terharu juga bisa beli jajanan “sepele” begitu dengan mudah, murah dan diantar. layanan ini cocok untuk pembelian yang bersifat urgent. misal malem2 adik kita butuh buku milimeter blok untuk PR sekolah dan agak sulit dapetin di warung sekitar, layanan ini kayaknya akan mampu membantu. atau ibu2 pekerja yang gak sempet belanja atau terlalu letih ke pasar mungkin bisa memanfaatkan jasa ini.

memang sih lagi2 layanan ini manfaat terbesarnya adalah penghematan waktu dan tenaga, tapi saya rasa belanja sendiri semestinya lebih menyenangkan. kalo promo selamanya, saya akan pake layanan ini nanti beli lilin kalo kejadian lagi rumah mati lampu, hujan besar dan lilin di warung semua sold out. (saya pernah soalnya, demi cahaya lilin bayar ojek 50rb untuk dapetin lilin yang se box mungkin gak sampe 20rb)

Instan KURIR

saya baca di Medsos sepertinya beberapa teman rajin memakai layanan ini untuk antar barang dagangannya ke konsumen dalam kota yang sama. saya mencoba layanan ini kemarin mengirim belanjaan saya dari bazaar kantor ke rumah. Karena gak mungkin saya bawa2 sementara saya pulang menjelang jam 9 malam. kalo Drivernya amanah, layanan ini bisa berkompetisi dengan jasa pengantar barang lain kayak JNE. saya terpikir juga bisa saling menghantar makanan atau barang dengan teman. promo gojek menguntungkan kita si konsumen karena selain hemat, gojek bisa dengan mudah menemukan lokasi jemput dan antar.

selama beberapa kali pake jasa gojek, dalam perjalanan saya suka berbincang sedikit bagaimana benefit gojek dari sisi driver. beda driver beda juga pengalaman yang mereka share. satu yang bisa saya tangkap adalah dari kesemuanya sama2 punya pengharapan yang tinggi keberadaan gojek bisa menambah penghasilan bahkan menjadi pekerjaan baru setelah beberapa waktu menganggur.

Saya sering baca judul berita tentang gojek di dunia maya. Berita bisa bermacam-macam dari gesekan dengan ojek pangkalan, pelaku driver yang curang (order fiktif) atau berita2 lainnya. berhubung gak ngikutin rinci (baca judul doang, artikelnya mah boro dibaca) saya gak bisa membahas hal lain tentang pergojekan di jagat raya ini. saya yakin temen2 di Jakarta sudah lebih dulu merasakan benefit sekaligus pengalaman manis pahitnya bergojek ria. saya yakin banyak orang “kreatif” yang kadang iseng atau jail melakukan hal aneh2. tapi semoga aja itu gak bikin keberadaan gojek ini gak terpercaya lagi.

Dan mari menanti seperti apa perkembangannya jika masa promo ini berakhir. menurut abang gojek rumah – kantor itu sekitar 40rb, sementara saya masih bayar sesuai harga promo. kalo harga non promo nanti, saya mesti tang Ting Tung lagi gak imbang kan biaya angkot 7rb saya keluarin 40rb untuk gojek. hemat waktu sih hemat waktu tapi selisih 33rb mesti dipertimbangkan ulang. kalo memang nanti gak promo lagi.

Leave a Reply

