HILAL DI DALAM MALL (#NulisRandom2015 – 22)

Hilal adalah kosakata yang paling banyak diperbincangkan ketika menjelang bulan Ramadhan.  Hilal katanya sih sebutan untuk sabit bulan baru yang muncul pertanda datangnya bulan baru di sistem kalender komariyah atau hijriah. Nah jadi udah hal biasa kalo H-1 kira2 Ramadhan mau datang munculnya hilal jadi trending topic karena munculnya hilal dijadiin pertanda telah masuknya bulan Ramadhan.

Ngomong2 tentang pertanda datangnya bulan puasa dengan ngintip hilal saat langit mulai agak gelap, supermarket di dalam mall punya pertanda sendiri untuk ngabarin kalo bulan Ramadhan segera datang. Tanda itu adalah kalo di supermarket mereka mulai memajang botol2 sirup dalam jumlah berlebihan. Disusul oleh tumpukan kaleng biskuit yang menjulang. Seakan gak ketinggalan botol2 minuman bersoda juga ikut berbaris.

Saya kurang begitu faham mengapa di Indonesia ini hari raya identik dengan kue kaleng dan minuman2 sirup (selain masakan lebaran yang beraneka ragam). Barangkali dari zaman dahulu nya saat kudapan hari raya masih begitu terbatas, kue kue kaleng yang saat itu terasa lebih modern dari kue2 buatan sendiri muncul sebagai alternatif sajian hari raya. Dan mungkin seterusnya begitu sehingga sampe sekarang kue kaleng dan sirup identik dengan hari raya sebagai kue hidangan maupun hantaran dan bingkisan.

Jadi gak heran kalo mau bulan puasa sampai nanti hari lebaran, kue kaleng dan sirup mendominasi display supermarket berdampingan dengan stok buah kurma dan pakaian beribadah seperti sarung, koko, peci dan mukena. Tampaknya semua orang tau demand barang2 tersebut melonjak signifikan di masa2 puasa dan lebaran.

Jadi kalo kita rutin mengunjungi mall gak aneh kalo hawa ramadhan atau hari raya muncul di mall dengan hal2 di atas sebagai pertanda. Di lengkapi dengan lagu2 religi seakan mall atau pusat perbelanjaan punya hilalnya sendiri. Ironi? Memang hehehe. Tapi supermarket (saat tak terlalu ramai) salah satu tempat yang gue suka. Urus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s