SENJA DI MAKAM BAPAK ( #NulisRandom2015 – 12)

Beberapa hari ke depan kita akan bertemu lagi dengan Ramadhan, dan seperti kebiasaan sebelumnya sebelum bertemu Ramadhan sekali saya akan menyempatkan diri menziarahi makam alm kakek dan bapak. Gak seperti biasanya kali ini saya menziarahi makam selepas waktu ashar menjelang magrib. Hal ini sudah sesuai rencana karena sabtu pagi saya masih harus ke kantor. Beruntung pekerjaan selesai sebelum dzuhur dan saya meminta murid saya menjadwalkan ulang waktu les agar saya bisa ke makam.

Entah saya yang sedang melankolis karena PMS, atau suasana sore tadi yang memicu rasa capek menjadi rasa sendu. Duduk di depan makam bapak  dan menyadari sebentar lagi ramadhan dan ini akan jadi ramadhan kesekian tanpa almarhum tiba2 mata terasa perih dan berair. Saya duduk diam di sisi makam mengamini doa2 yang diucapkan uwa lalu hadir perasaan bersalah kepada almarhum yang makamnya saya ziarahi ini.

Terkadang kita membiarkan aktivitas menyita banyak waktu sehingga kita lengah akan waktu2 berdoa. Berapa banyak doa2 yang terasa diringkas dan diucapkan sedikit terburu-buru karena lagi2 kita memakai alasan sempitnya waktu atau rasa lelah. Tiba2 ada perasaan telah lalai kepada almarhum padahal doa saya sebagai anak lah penyambung kami yang terpisah alam ini.

Waktu semakin sore dan mesjid terdekat sudah bersiap menyambut jamaah untuk sholat magrib. Saya pun melangkah pulang dan berdoa semoga Ramadhan kali ini akan jadi waktu2 yang terbaik untuk saya dan keluarga sekalipun tak akan sama seperti saat bapak masih ada. Semoga almarhum juga berbahagia seperti kami yang bahagia menyambut Ramadhan.

Selamat datang ramadhan, semoga Allah menunjukan kita kemudahan jalan untuk menjadi anak2 yang baik sehingga membantu orang tua kita dimudahkan menjadi ahli surga. Amiin….

Leave a Reply

