RADIO BUTUT (#NulisRandom2015 – 6)

image

Merk-nya Sharp.  Dia bukan radio sembarang radio, keberadaannya mengisi masa-masa kecil dan remaja saya. Setelah beberes gudang atas beberapa waktu lalu, radio ini diturunkan kembali lalu dibersihkan dan ternyata masih baik untuk fungsi radionya. Namun tidak dengan pemutar kasetnya,dari sejak saya SMA dia memang sudah tidak berfungsi.

Melihatnya di tengah rumah saat ini bikin saya mengingat masa kecil saya. Radio ini saya dan keluarga saya pakai bersama saat mendengarkan sandiwara radio. Saya ingat ibu saya akan mulai menyetrika pakaian dan radio ini akan dipasangnya mendengarkan sandiwara. Saya dan kakak saya akan duduk didekatnya ikut mendengarkan.

Radio ini juga menemani masa remaja saya. Barangkali teman2 lain mempunyai pemutar kaset atau radio yang lebih mumpuni, namun saya harus berpuas diri dengan radio ini. Saya ingat dulu saya SMP kami letakkan di lantai kamar. Saya memutar kaset bon Jovi, frente dan mendengarkan radio dengan benda ini. (saya rikues Lagu dari telp umum). Terkadang saya membeli kaset kosong dan mulai merekam Lagu yang diputar di radio. Saat malam jumat saya pakai mendengarkan cerita horor lalu saya mulai takut tidur.

Ketika saya SMA dan berganti tempat tinggal radio ini juga teman saya di kamar. Saya membiarkannya menyala tanpa henti setiap saya berada di dalam kamar. Belajar, merangkum catatan, atau sekedar tiduran hingga tengah malam. radio ini yang memperkenalkan saya ke lagu2 tengah malam seperti lagu hello, knife, still got the blues, etc.

Tidak banyak pilihan alat hiburan pada masa itu. Orang tua saya tidak memprioritaskan pembelian benda2 tersier sejenis ini karena kami juga tidak hidup berlebih. Menurut cerita saya dulu sekali bapak saya membelinya dari temannya yang sedang membutuhkan uang seharga Rp. 40.000 (sepertinya cukup besar untuk masa itu). Dan barang ini akhirnya jadi pelipur lara dan alat hiburan saat kami membutuhkan.

Melihatnya kembali saat ini membuat saya mengenang masa2 lalu sekaligus merindukan alm bapak. Saya yang sentimentil ini bertekad akan menjaga nya meskipun nanti Tak berfungsi sama sekali. Radio ini mengisi hidup saya untuk waktu yang lama dan ini salah satu benda peninggalan almarhum bapak.

Leave a Reply

