Beruntunglah Kalian Orang Padang

Ada yang bikin gue bahagia menjadi orang Indonesia, salah satunya adalah saat gue duduk manis dan khusyuk melahap kupat padang. eh kupat padang mah cara gue ngebahasainnya kalo ama mamah gue, entah penyebutan aslinya apa.

Kupat padang itu ketupat sayur khas orang minang sana. Ketupat diiris, disiram 2 jenis sayur (sayur nangka dan sayur daun pakis), makan dilengkapi oleh balado telor, mie, kerupuk merah dan sala. Gue sering beli di pasar anyar atau titip mamah gue kalo kebetulan dia ke pasar.
November – Desember lalu jadi bulan dimana gue kecanduan kupat Padang. Dalam 10 hari bisa 3x gue makan kupat padang. Dua bulan itu sering gue bela2in pergi pagi2 dan duduk antri di meja jualan si Uni langganan gue. Bercampur baur dengan pembeli lain yang 65%nya gue perhatikan sesama orang Padang. Sisanya ya orang kayak gue neh yg lidahnya kepincut kupat padang.

Gak perlu jago masak untuk bikin lidah kita tau kalo di kupat padang ini banyak kali bumbu dan rempah yang digunakan. Menyeruput kuahnya bikin gue selalu takjub dengan kekayaan rempah yang ada di Indonesia. Kaya!

Kemudian gue berpikir, makanan yang di klaim makanan Padang mana yang gak best seller? Liat aja Nasi rames dan masakan-masakan di rumah makan Padang yang bertebaran dimana-mana. Sepertinya menu-menu masakan disana udah dikenal baik ama lidah kita. Nyaris semua kaya bumbu. Enak dan sering banget kita makan (melebihi intensitas gue makan nasi tutug oncom yang dari daerah gue sendiri)

Terakhir yang terbaru ditambah lagi sukses perkenalan lidah gue dengan sate padang. Sate yang dari dulu males gue cicip karena merasa gak cocok, sekalinya makan eh beberapa kali kebayang pengen beli lagi *_*

Beruntunglah kalian orang Padang, para leluhur dan pendahulu kalian tentu orang2 yang cerdas meramu rempah dan bumbu saat meracik makanan. Ini baru Padang, daerah lain pun tentunya punya unggulan masakan daerah masing – masing. Ragam perbumbuan di Indonesia kan kaya dari ujung barat sampe ujung timur.

Jadi wajar kalo tiap makan kupat padang gue selalu bersyukur kalo gue adalah orang Indonesia. Ini baru makanan Padang loh..dan bahkan baru kupat Padang. Gak kebayang kan rasa syukur orang yang ensiklopedia makanan2 nusantaranya jauh lebih dari gue.

Melalui indera pengecap kita, kita punya satu alasan mengapa kita bahagia hidup dan berada di Indonesia.

Sluuuurp…..

Leave a Reply

