Berarung Jeram di Sungai Elo Magelang

arung  jeram @ sungai elo

arung jeram @ sungai elo

Pertengahan pekan ini saya bersama rekan – rekan dari kantor tempat saya bekerja rafting di Sungai Elo Magelang. Mengikuti rangkaian acara kantor awalnya saya gak berpikir untuk ikut2-an ngejajal rafting yang memang masuk ke salah satu agenda kami. heloooo…saya ini ruang nyamannya sempit. aktivitas – aktivitas dengan alam yang cukup menegangkan gak pernah masuk ke list to do saya. jangan kata alam, permainan dunia fantasi aja saya pemilih. ya, saya bukan seorang pecandu adrenalin. Tapi ketika rombongan kami masuk ke kawasan resto Orangutan Magelang yang merupakan resto yang menjual paket wisata rafting ini hati saya sedikit tergerak. hmmm sebenernya bukan tergerak, tapi terpojok. Terpojok ego dan penasaran. Ego melihat peserta rombongan yang jauh lebih tua tampak gak ragu pasang jaket pelampung dan helm, ego liat temen yang kurang sehat pun maksain diri, ada sejumput rasa penasaran yang takutnya saya merasa tersiksa kalo gak dipenuhi. sambil gak yakin pun saya akhirnya memilih salah satu jaket pelampung, helm dan dayung lalu pergi berbaris dan mendapatkan kelompok. Duh gak tau deh bakal kayak apa. kadang malu, secara fisik rasanya saya lebih kekar dari beberapa kawan yang kemayu tapi kok nyali tipis sekali ya hahaha. cuma mampu narik – narik tali jaket pelampung Yongki temen sekantor saya dan berbaris di belakangnya setelah nanya ke dia bisa gak dia berenang? maksudnya kalo ada apa2 dia pasti bisa nolongin hahaha. Akhirnya dengan 3 kawan kantor saya yang lain selain Yongky : Pak Eem, Pak Agus dan Dewi kami pun jadi regu ke-7 yang naik ke perahu dan mulai menyusuri sungai. Takut kecebur, takut nyusahin orang lain, antusias. macem – macem rasanya. cukuplah menggantungkan rasa aman ke Allah, ke riverguide dan terakhir sama temen seperahu yang pasti harus mau nolongin hoho. IMG_7134 Saat mulai menyusuri sungai, saya banyak mengajukan pertanyaan. apapun saya tanya walau saya gak yakin saya nanya sebatas ngalihin rasa cemas atau sedang berusaha nenangin diri. yang jelas konon jeram sungai ini cuma sampe level 2. katanya level segitu tuh jeram ini aman kok diikuti segala usia. mau muda maupun anak2. yah amin deh kalo gitu *gigit bibir* Setelah mulai lewatin sungai beberapa meter saya mulai pasrah, tapi dengan tekad mau nurut sama instruksi riverguidenya asal saya selamat. berarung jeram di level yang pemula friendly ini gak bikin nyesel juga sih. ternyata seru mengencangkan genggaman tangan kita saat berusaha melewati jeram atau kumpulan batu –  batu. yakin aman karena liat temen di perahu lain tampak nikmatin bermain – main dengan air. Sesekali istirahat mendayung, sesekali mendayung sekuat tenaga, sesekali berpindah posisi karena pegal, bahkan sempet juga bantu menarik kawan seperahu yang nyaris jatuh. ah selama ini saya kemana aja ya, temen – temen banyak banget yang suka arung jeram. bahkan sahabat saya melakukan penelitian di salah satu tempat arung jeram terkenal di Citarik sana dulu waktu kami kuliah. tapi tak sedikit pun saya tertarik mencoba, bahkan deketin tempatnya pun enggak. memang ruang nyaman saya sempit banget. barangkali kondisi ini bikin saya selama ini kehilangan kesempatan mencoba hal – hal seru yang menyenangkan di luar rumah dan di luar mall. Barangkali juga mulai hari ini saya harus rajin meyakinkan diri saya untuk gak takut mencoba hal – hal baru walau sedikit menegangkan. kita liat ke depan hal baru apa lagi yang gak saya banget tapi akhirnya saya berani coba. tidak ada kata terlambat, bukan? *_*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s