MCU

Masih dalam rangkaian test penerimaan CPNS, awal bulan Mei ini gue melakukan medical check up di salah satu RSUD daerah yang ditunjuk oleh badan kepegawaian setempat. Gak sendiri tentu aja, sama temen2 CPNS lainnya yang seangkatan dan sekelas ama gue.

Hmmm cek darah di lab barangkali bukan hal baru. Dari sejak alm bapak gue meninggal karena sakit beberapa kali gue cek darah baik itu berobat saat sakit atau cuma pengecekan rutin.

Tapi ini MCU. Walau gak lengkap – lengkap amat tapi selain pengambilan urine dan darah gue pun akan di rontgen dan di test EKG. Mules bayangin hasilnya. Yah gue alhamdulillah sehat, tapi harap2 cemas menanti hasilnya dan takut denger info buruk. Lumayan bikin gelisah.

Nah pagi tadi gue dibagikan hasilnya. Kembali bareng2 temen sekelas ke RSUD dan satu per satu dipertemukan dengan dokter spesialis penyakit dalam.

Satu per satu temen terima hasil dan hasilnya menggembirakan. Kemudian ada temen lain yang harus sedikit menerima kabar “mengejutkan” terkait hasil test nya. Nah dalam penjelasan singkat gue dikasih tau kalo ada sedikit infeksi di salah satu bagian tubuh gue dan gue dikasih obat lalu dijadwalkan untuk test ulang.

Fiiiiiuh…. test kesehatan bikin parno. Gue tuh punya sedikit rasa takut kalo sakit. Gak mau sakit. Takut. Denger informasi yang mengejutkan terkait kesehatan. Kenapa? Ya karena pengalaman ngerawat bapak sakit. Takut mengalami juga sakit yang sama. Yah barangkali ini ketakutan yang berlebihan karena gue tentu bukan bapak gue. Tapi ketakutan itu ada.

Nah informasi infeksi yang gue terima diluar “ekspektasi” ketakutan gue. Satu sisi lega kekhawatiran gue terhadap indikator yang lain gak terjadi, tapi tetep aja ada catatan yang harus di koreksi.

Galau..cemas..khawatir. kayak gini serius gak ya? Bahaya gak ya? Bisa diatasi gak ya? Duh mikir kesana kemari bikin gak mood kerja.

Sore harinya, neh tadi aja gue nemuin dokter spesialis gue. Mau konsultasi karena ama dokter yang di RSUD pagi tadi kok gak banyak yang bisa gue tanya. Gue jelasin kondisi gue.

“Dok, saya merasa lagi sehat. Denger hasil MCU kok jadi berasa sakit”

“Dok, saya takut. Gak mau sakit yang neko-neko”

“Dok, ini serius gak? Atau kasus biasa dan ditangani obat juga beres?”

“Saya takut dok. Takut sakit. Bapak saya aja udah cukup”

Dokter bilang yang gue khawatirkan gak terbukti. Hasil cek lab darah rata2 masih normal. Bla bla dokter jelasin semuanya sambil sesekali nasehatin gue untuk gak jadi penakut apalagi urusan penyakit dan hidup. Juga jelasin hal yang perlu dikoreksi dari hasil MCU gue biasa aja. Akan beres dengan antibiotik dan banyak minum.

Fiuuuh keluar ruangan dokter ada perasaan lega dan tenang. Dokter satu ini selalu bisa melakukannya. Yah walau setiap ke dokter ini mata gue akan berkaca – kaca inget alm bapak. Inget zaman berobat dianter-anter. Inget perjuangan berobat. Bapak gue yang 2,5 tahun ini lenyap entah kemana.

Jadi begini rasa takut itu. Rasa takut ama sakit dan penyakit. Terbayang rasa takutnya bapak gue saat dirawat dan kala di ujung usianya. Terbayang rasa takut temen atau sahabat yang curhat saat sakit.

Tapi…kenapa gue suka selalu bisa menghibur dan menenangkan mereka? Padahal kalo rasa takutnya kita rasain sendiri, rasanya gak semudah mulut kita menganga menenangkan orang lain.

Sepanjang jalan mata berkaca-kaca. Semoga mudahnya gue berusaha menenangkan mereka gak ditangkap sebagai menyepelekan ketakutan mereka. Bagaimanapun harus ada sosok penyeimbang bahkan ketika seseorang merasa takut.

Hari ini sekejap gue juga merasa takut. Siapa yang menenangkan gue? Sepertinya gue harus cari cara menenangkan diri sendiri.

Mari istirahat. Tensi naik cm karena mencemaskan sesuatu yang kata dokter bisa diatasi dengan mudah. Amin moga beneran begitu. Geleng2 deh dokternya liat gue yang parno hehe.

Leave a Reply

