Kebun Binatang Bandung

image

Sabtu 2 Februari 2014 kemarin gue setelah belasan tahun gak pernah masuk lagi ke dalam kebun binatang Bandung di Balubur Bandung, akhirnya gue masuk lagi ke dalem. Walau rutin ke Bandung setiap tahunnya, tapi gue lupa kapan persisnya terakhir kesini.

Sabtu pagi2 gue dan keluarga berangkat dari Bogor ke Bandung. Tujuan utama adalah menghadiri pernikahan salah seorang sepupu anak adiknya alm bapak saya. Kebetulan memang dari bulan Desember gue kangen ama Bandung. Rindu ke alm bapak yang genap 2 tahun wafat. Rindu suasana di tengah keluarga besarnya.


Jam 10 pagi tiba di pasteur, gak langsung menuju ke ciumbuleuit gue mampir dulu ke bonbin Bandung ngajak 2 ponakan kecil liat binatang. Berdiri di depan gerbangnya berasa mau ke masa lalu zaman gue anak2.

Bonbin Bandung dan kuda2 di ganesa hal familiar sepanjang gue masa kanak2. Saban mudik atau ke Bandung untuk liburan atau acara keluarga pasti nyempetin masuk. Bukan karena hobi tapi karena emang deket rumah nini.

Bonbin Bandung sekarang rasanya beda dengan yang yang dulu. Dulu perasaan rame dan semarak. Entah itu di dalam kebun binatang, penjual makanan dan mainan baik di dalem maupun di luar. Tapi kemarin masuk kesitu banyak suasana yang berubah.

image

Pertama pengunjung gk membludak padahal itu hari sabtu. Atau rame kalo Minggu ya? Atau karena gue lebih sering liat keramaian bonbin saat lebaran ya? Memang seinget gue waktu lebaran lewat situ parkiran pengunjung juga emang meleber kesana kesini menuhin lokasi.

Jadi kalo mau kembali diingatkan rasa ke bonbin zaman masa kanak-kanak mungkin kudu lebaran barangkali ya. Gak seperti kemarin, tempat wisata rasanya kok senyap. Tak ada suara gaduh dari panggung hiburan, musik barangkali? Ini satwa pada tenang, anteng tiduran seperti pada mager, pengunjung pun senyap berkeliling. Hewan2nya pada gak atraktif amat jadi terpaksa nonton harimau tidur🙂

Bukan hanya bonbin Bandung yang terasa berubah, lah gue ama kakak2 gue yang datang pun berubah. Sebagian bawa anak-anak balita dan kita beradik kakak udah jadi orang dewasa. Hoho gue rindu masa lalu saat masa kecil ke bonbin Bandung. Rame, ceria jajan es krim, naik ini naik itu, berusaha terus gk terpisah di keramaian. Dan yang jelas di zaman dulu uwa gue punya warung kupat tahu di dalam kebun Binatang. Sekarang sebagian dari masa lalu udah berubah, termasuk uwa gue penjual kupat tahu tadi telah wafat 8 bulan lalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s