Pemberkasan CPNS

image

Setelah mastiin bahwa betul nama gue dan nomor peserta yang ditulis dan surat kabar dan di web adalah betul nama gue, selanjutnya gue siap2 deh melaporkan diri di BKPP kabupaten Bogor seperti arahan di pengumuman. Tanggal 27 Desember 2013 sedikit lebih pagi gue bangun dan bersiap. Huaaaaaa mau ke kawasan pemda di Cibinong jam 6 aja udah kudu ready. Mengantisipan jalanan jauh dan macet (sekalian survey). Gue jadi bersyukur 8 tahun ini ngajar di kampus 5 menit naik ojek pun sampai.

Jumat pagi itu bener aja kantor BKPP masih tampak sepi. Satu per satu pegawai BKPP datang dan berkumpul di ruang apel. Peserta CPNS yang lolos pun yang datang baru gue dan seorang CPNS guru laki-laki dari Sukabumi. Gak sulit menjangkau kantor BKPP. Cukup naik angkot 08 dari arah Bogor kota, turun di gerbang kawasan pemda lalu naik ojek sambil bilang “pusdai ya bang”. Turun deh di BKPP. Jangan lupa tukeran no HP ama si pak ojek kalo2 butuh di kemudian hari atau minta dijemput.
Selesai para pegawai apel gue masuk ke kantor BKPP dan duduk di kursi yang disediakan. Satu per satu peserta CPNS lain datang. Dan tet tooooooot!! Perut gue mules. Padahal tadi di rumah udah melakukan ritual rutin biasa. Gue pun izin pake kamar mandi dan dipinjamkan kamar mandi pribadi di dalam ruangan seorang ibu pegawai BKPP. Waduh jadi gak enak deh..tapi gue juga terpaksa hehehe.

Sebagai yang paling duluan datang, gue pun duluan menghadap. duduk depan meja (yang belakangan gue tau namanya Bu Susi) gue ditanya identitas, nunjukin KTP, tanda peserta untuk mastiin gue orang yang dimaksud dalam pengumuman. Sekaligus mengkonfirmasi bahwa data diri yang tertera masih belum berganti. Beres deh. Dengan sebundel berkas isian dan list persyaratan berkas jam 8.15 aja gue pulang deh.

Langsung naik 32 dari pemda ke arah kampus IPB Dramaga. Minta legalisirs ijazah karena kurang selembar. Beruntung urusan legalisir ijazah ini dibantu oleh Vita temen kuliah sefakultas di FPIK 37 dulu yang kebetulan ketemu di ruang akademik. Vita ini sekarang udah jadi dosen disitu. Vita bawa sendiri ijazah gue ke ruang dekan dan titip langsung ke sekretarisnya lalu mantau sampe ijazah gue ke ttd. Kemudian janjian deh di Botani sambil dia mau nonton ama temen2nya (Thank u Vita pertolongannya besar banget deh).

Ini persyaratan yang diminta untuk pemberkasan CPNS gue kemarin :

1. Ijazah dan transkrip pendidikan terakhir yang dilegalisir.
Dalam hal ini berarti gue ijazah sarjana. Hati2, pastiin yang ttd adalah pejabat berwenang yang diakui (dalam hal ini oleh panitia). Dari belasan peserta CPNS lulusan UPI kudu balik badan ke Bandung di waktu yang mepet guna ngelegalisir ijazah ulang, kudu pejabat UPI pusat yang ttd.

2. Ijazah asli dari dari SD sampe terakhir
Ini cuma untuk ditunjukin aja sih. Kali2 ijazah kita bodong.

3. Surat keterangan Sehat
Pastiin dikeluarin RS atau puskesmas pemerintah

4. Pas foto 3×4 (7 lembar)
ini untuk ditempel di isian biodata yang ada 3 rangkap bundelannya. Sisanya diselipin di map

5. SKCK dari kepolisian asli dan fotocopy terlegalisir
Pastiin masih berlaku loh ya. Kalo udah enggak berlaku nanti kayak salah satu CPNS perawat kudu pulang ke Garut hari itu juga dan balik lagi besoknya dengn SKCK baru (mending kalo bisaa cepet prosesnya)

6. Kartu pencari kerja dari dinas ketenagakerjaan
Kita nyebutnya dulu kartu kuning, tapi sekarang warnanya putih. Sebutannya apa gitu. Pastiin juga masih belum kadaluarsa.

7. Kartu peserta test CPNS
Kalo abis test disimpen baik-baik. Soalnya berabe kalo pas diumumin lulus taunya gak tau dimana beradanya kayak CPNS dokter dari Bandung. Untung ketemu katanya.

8. Isian biodata dan surat-surat pernyataan
yang diisi oleh tulisan tangan dan dibubuhi materai

9. Surat lamaran

Hari Minggu 29 Desember 2013 gue balik ke BKPP untuk pemberkasan. Jam 12.30 udah sampe sana dan kumpul di aula. Jam 13.00 makin penuh aja aula. Ternyata banyak ya pesertanya. Kemarin gak liat banyak saking paling pagi datang, paling duluan beres lalu paling pertama pulang waktu lapor diri.

Siang itu ada sambutan dan arahan dari Pak Rusli dari BKPP. Dan sekaligus diadain test urine untuk seluruh peserta oleh dokter dan lab yang ditunjuk oleh panitia.

Yang ribet adalah pengisian form. Gak boleh salah dan keliru. Peserta bertebaran rame2 mengisi data dan berharap bisa beresin hari itu juga. Gue pun gitu, walau kudu ngerjain ulang karena tulisan tangan gue gk konsisten huruf kapital semua seperti yang disarankan.

Berakhirlah urusan hari itu. Di tengah keramaian kok rasanya gue sendirian ya. Mungkin karena gak ada temen yang kenal, pergi dan pulang sendirian (sindrom temenan ngegenk dari zaman sekolah kesana kesini gerombolan). Hoho tapi peserta lain mungkin juga merasa yang sama. Apalagi gue dari kota ini juga, yang lain jauh2 dari kampung halaman menuju Bogor.

Semangat. Komit untuk ngikutin alur hidup dan berpikir positif.

4 thoughts on “Pemberkasan CPNS

  1. Selamat sore,, sy cpns utk kemenhub yg.berhasil lolos seleksi tahap akhir ini, tp.sy punya permasalahan bagaimana kalau kartu peserta saya hilang ? Apakah ada solusi? Saya sdh mencari tapi tidak ada . Terimakasih, tlg hub sy 08999201081.

  2. Admin.. saya mau nanya.. tadi kan baru pemberkasan di kemenhub..sblum ny di website tidak diberi tahu klo berkas ny rangkap 3 bundel..1 bundel asli utk bkn n 2 bundel fotocpy..pas nanya2 sm peserta yg lain..mereka bilang ijajah terakhir harus di leges smua utk 3 bundel berkas itu… tapi saya cm bawa legesan 1.. jdi yg 2 bundel fotocopy an cm ftocopy tanpa leges.. apa itu masalah ya admin??? Kan judul ny fotocopyan..apa harus leges ?? Gmna mnurut admin???

    • Hmm mbak Santri, saya gak merasa kompeten untuk jawab. Terutama yang saya share di postingan saya sebatas pengalaman pemberkasan saya Tahun last. Lain instansi bisa jadi lain ketentuan. Kalo saran saya sih biar tenang coba cari kontak person dari panitia penyelenggara kalo memungkinkan. Cari tau ada gak solusi yang menentramkan untuk situasi mbak. Moga Lancar ya…saya ikut doain prosesnya Lancar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s