Sop Buntut Mang Endang (Incu Mak Emun)

image

Siang tadi dalam sejarah perjajanan gue, pertama kalinya gue pergi makan siang dengan menu sop buntut sendirian. Sop Buntut Mang Endang ini udah terkenal dan kalo gak salah pernah disambangi oleh Pak Bondan mr kuliner di TV itu.

Sop buntut Mak Emun emang terkenal di Bogor ini. Kalo gak salah ada beberapa gerai di tempat berlainan. Nah kayaknya Mang Endang ini merupakan keluarga juga dari Mak Emun, dan sama terkenalnya.
Jadi seharian tadi tuh hujan, seberes ngawas di kampus gue mau fotocopi dan searah dengan tukang jahit dimana gue mau ambil jahitan. Hujan…kota Bogor yang basah…secara alamiah benak gue bayangin makanan berkuah panas. Kebetulan perut kosong tak sempat sarapan dan udah masuk makan siang, sementara berkas gue dicopy gue pun masuk ke warung Mang Endang di kawasan Air Mancur Kota Bogor.

Agak ragu juga sih, karena sop buntut buat gue lumayan berat. Pernah cicip waktu uwa gue beli dibawa pulang dan kepala gue langsung pusing. Pernah cicip juga waktu beberapa hari bapak sebelum meninggal beli nyuruh tukang becak. Bukan apa2, takut pusing.

Karena gak bisa beli setengah, gue pun order sop buntut satu porsi, nasi putih satu porsi dan segelas teh panas tawar. Porsi sop buntut 1 mangkok ternyata gak terlalu banyak, cukuplah untuk sendiri mah. Nasi pun takarannya pas untuk perut cewek. Walau suka sedikit gak nyaman dan warna daging yang masih ada merah2nya (sepertinya ini memang sengaja begitu), tapi hal terbaik dari makan di warung mang Endang ini adalah acarnya yang segar menggiurkan. (Gue selalu suka acar yang banyak wortel dan bengkoangnya).

image

Gue pun makan dengan khusyuk. Asiknya liat kuah sop di mangkuk yang mengepul-ngepul asapnya. Cocok banget deh ama cuaca hujan. Gak lupa gue juga ngabisin acar yang disediain di meja hoho. Hadooh jd pengen bikin car di rumah.

Nasi dan sop buntut juga gue tambahin emping yang kemudian empingnya dikucurin kecap (sekali pernah gak sengaja emping gue dikecapin ama tukang soto di tempat lain, sejak itu gue suka emping dikecapin sebelum dikunyah).

Nah perut pun kenyang. Walau tetep ngerasa sop buntut terlalu berat untuk makanan gue, tapi gue hibur diri juga toh sesekali ini dan emang momentnya pas, hujan dan lapar. Gue pun bayar sebelum pergi. Hoho mahal juga ya sop buntut. Perasaan 2 tahun lalu masih 28.000. Sekarang udah 35.000 aja.

Nah kalo lagi lapar atau mampir di Bogor, gak ada salahnya mampir ke warung Mang Endang ini. Layak banget untuk dicoba.

HARGA
Sop Buntut : Rp. 35.000,-
Nasi : Rp. 5.000,-
Emping : Rp. 3000,-
Teh panas tawar, acar GRATIS.

LOKASI WARUNG SOP BUNTUT MANG ENDANG :
Jl.jend.Sudirman Bogor (kawasan Air Mancur sebrang komplek Zeni). Sebelah martabak Air mancur es teler KK

Dari stasiun : naik angkot 12 jurusan Cimanggu (turun di air mancur lalu nyebrang)

Dari terminal : naik 09 jurusan warung jambu, di warung jambu naik angkot 08 arah pasar anyar (turun di air mancur, depan warung mang Endang)

 

Leave a Reply

