@IstanaMengajar – Serunya Berbagi dan Mendapat Ilmu Di Social Media

“Ngapain sih lu?” Tanya seorang teman di atas eskalator sebuah mall ke saya ketika liat saya begitu asiknya mainin HP ketika satu siang saya ada janji makan bersama.

Ya, saat itu saya lagi bukan timeline twitter dan intip mengintip akun @IstanaMatematik share soal-soal matematika yang ditanyakan followers-nya. Kala itu, sesaat setelah saya memfollow akun itu saya kok ya keranjingan ikut nyautin atau sok2 bantu jawab soal. Haha.

Di socmed cekakak cekikik canda-canda sama kawan rasanya sudah, berbagi informasi dan ngobrolin isu-isu umum juga rasanya udah, bahkan ikut2 siaran di radio online bareng @rkti pun sudah. “Main-main” dengan matematika di social media rasanya baru dan seru. Kala itu.


Lah apa gak bosen sehari-hari di dunia pekerjaan aja kan udah berurusan ama matematika? Iya sih tapi rasanya lain. Mungkin karena utak-atik matematikanya sambil buka socmed jadi bikin kerasan. Yang jelas, abis dari eskalator mall tadi saya buru2 duduk di meja dan cari-cari kertas lalu mengerjakan soal yang di share, saya foto lalu di share jawabannya ke akun @istanamatematik. Seru ya? Seru andai aja tau saya nulis jawabannya dibalik struk belanja🙂

Nah dari kebiasaan ikut bantu jawab soal2 matematika yang ditanyakan followers lain, lama2 pengen ikutan deh waktu akun @istanamatematik nawarin belajar tanya jawabnya gak hanya lewat twitter, tapi via whatsapp. Saat itu saya nawarin diri untuk ikut nonton suasana belajarnya. Animonya saat itu lumayan besar, kawan2 lain yang sama hobi bantu jawab pun ramai-ramai ikutan masuk whsatsapp @istanamatematik.

Temen2 yang hobi bantu jawab banyak yang ternyata berprofesi sebagai guru. Baik itu guru sekolah ataupun guru les. Mahasiswa pun ada. Nah merekalah cikal bakal volunteer pengajar belajar di whatsapp yang akhirnya diwadahi akun @IstanaMengajar. Yaitu gerakan belajar secara online dan memanfaatnya twitter untuk sosialisasi dan whatsapp sebagai pengganti ruang kelas.

Ratusan siswa dari penjuru daerah pun mendaftar ke @Istanamengajar. Bulan awal kegiatan ini dilaksanakan kebetulan menjelang Ujian Nasional. Kelompok belajar pun dipisah per jenjang kelas. Kelas 1 SMA, 2 SMA, 3 SMA, IPA, IPS ,dll. Kegiatan belajar mengajar dimoderatori oleh @IsraNurhadi si founder @IstanaMatematik dan @IstanaMengajar. Pokoknya gimana ribetnya gak mesti tau, tau2 murid2 sudah dikelompokan ke grup sesuai kelompok masing-masing beserta gurunya.

Belajar di hari yang disepakati, biasanya malam hari. Cara belajarnya? Ya diskusi biasa selayaknya kelas. Hanya saja guru dan murid bertukar tulisan lewat foto yang kemudian di share di whatsapp.

Seru juga melihat animo siswa dan asik siswa di kelas dari daerah berlainan. Ada Jakarta, kalimantan, Cimahi, Cianjur,dll. Yang gak kalah seru sebenernya guru dan volunteer. Di balik siswa mereka, guru2 yang awalnya saling gak kenal ini menunjukan animo 2x lipat dari siswanya. Mau siang, mau malam, baru bangun tidur grup guru selalu ramai dengan diskusi soal. Kami “bergosip” tentang soal2 unik yang ditemui di “kelas” dan semangat membahasnya di belakang murid. Seru duduk dan ikut belajar bagaimana beberapa orang berbagi cara yang berlainan sebagian bahkan tak terpikirkan. Gosipin soal ini kadang sampe dini hari, bahkan di malam minggu. Beneran…:)

Kegiatan belajar mengajar @istanamengajar ini berlanjut hingga UN selesai. Beberapa volunteer masih nemenin siswa2 dari berbagai daerah untuk belajar hingga SBMPTN.Mata pelajaran pun berkembang gak hanya matematika, tapi ada fisika, kimia, biologi, bahasa prancis.

Minggu ini ada kabar baik dari @IsraNurhadi. @IstanaMengajar masuk ke 5 Aksi Sosial Terbaik Klik Hati Merck 2013 dari kategori pendidikan. Sebuah penghargaan dan pengakuan yang pantas disematkan kepada kawan-kawan volunteer yang aktif dan meluangkan waktunya di Istana Mengajar (terutama kakak2 volunteer yang lebih rajin dari saya hohoho).

Penghargaan ini juga pantas dibagikan kebahagiaannya kepada adik-adik pelajar yang masih semangat belajar ditengah hiruk pikuknya isu-isu seputar Ujian Nasional. Semangat belajar dan informasi bahwa mereka terbantulah sesungguhnya penghiburan bagi kami volunteer @IstanaMengajar.

See, social media barangkali sebilang pedang dengan 2 mata sisi berlainan. Bagi kami orang dewasa maupun mereka para remaja, socmed sama2 bisa kita manfaatkan secara positif. Siapa bilang mainin HP dan sibuk ngutak-ngatik keyboard itu pertanda lagi main2. Kita bisa jawab kalo kita juga sedang belajar bersama @istanamatematika.🙂

3 thoughts on “@IstanaMengajar – Serunya Berbagi dan Mendapat Ilmu Di Social Media

  1. Pingback: Kenapa nggak kolaborasi dan bantu bareng-bareng? | Isra Nurhadi

  2. Pingback: Apakah berbuat baik itu harus menunggu? | Isra Nurhadi

  3. Pingback: Orang-orang yang menginspirasi saya untuk membuat Istana Mengajar tetap ada! | Isra Nurhadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s