Berburu Kue Bukkepootjes

image

Satu hari di tengah obrolan dengan seorang kawan, kawan tersebut menunjukan foto satu jenis kue dan bercerita bahwa dia rindu sekali sensasi makan kue tersebut. Menurutnya ceritanya kue itu jajanan masa lalu dimana keluarganya suka membelinya di Bandung, tepatnya di Jl.Braga. kawan tadi pun titip pesan jikalau saya ke Bandung minta dibelikan kue bernama aneh ini (sepertinya bahasa Belanda).

Beberapa waktu setelahnya saya menanyakan ke teman lain di Bandung (Ian @blmnst) barangkali tau keberadaan kue ini atau mencari informasi tentangnya. Sebelum Ian mengabari kebetulan saya ke Bandung di hari Lebaran dan saya pun menyambangi jl. Braga sendirian.
image

Bermodal nekat saya naik angkutan umum sendirian karena kakak laki2 saya sudah bertolak pulang ke Bogor. Minta anter sepupu lain pakai motor pun gak nyaman nanti gak bebas kesana kemari, merepotkan. Ditemani mamah saya pun kasian gimana kalo pencariannya melelahkan?

Kebetulan saya dari cihampelas. Saya pun naik angkutan umum ke Gramedia jl.Merdeka. beli celengan lucu disana lalu saya makan siang di Bandung Indah Plasa. Ya ampun berapa tahun gak nginjek mall ini. Mall masa kecil zaman mall2 lain belum bermunculan.

Dari BIP saya naik angkutan umum Gedebage – statiun (eh iya ya..lupa urutannya saking kemaren kebanyakan naik angkot). “Lewat Braga?” Tanya saya ke supir angkot dan supirnya mengangguk. Saya pun naik dan diturunkan di Braga.

image

Jalan Braga ini lumayan sepi entah karena memang begitu atau kebetulan banyak toko tutup. Yang jelas saya suka jalanan dan trotoarnya sambil membayangkan banyak kursi dan meja untuk sekedar minum teh, kopi dan seiris kue atau makanan lain di trotoar saat senja hari. Ah tapi saat itu semua sepi. Dan saya hati2 untuk tidak salah masuk atau kesasar di tempat yang bukan tujuan saya. Menyusuri jalan pun dilanjutkan dan kewaspadaan tinggi karena saya sendirian.

Berjalan dari ujung jalan nyaris ke ujung saya belum menemukan toko kue yang dimaksud. 1x bertanya ke satu toko kue tapi pegawainya mengaku tidak mengenal foto kue yang saya tunjukan. Saya pun jalan sampai ujung hingga di sebrang jalan saya melihat toko bakery. Semacam harapan di ujung jalan. Hohoho.

image

Saya menyebrang, masuk ke toko dan menyapa salah satu pelayannya sambil menunjukan foto kue dari HP saya. Saya gak yakin bagaimana menyebut nama kue Bokkepootjes tapi pelayannya mengenalinya sebagai kue dengan nama mokaput (entah salah denger tapi kalo gak salah sih gitu). Saya iya2 aja dan segera minta kue yang dimaksud kalo memang toko itu jual. Mereka memang menjualnya, tapi sayang sore itu HABIS! Ah..gemas deh.

Saya tanya sepanjang jalan braga adakah toko lain yang menjual? Pelayannya bilang gak tau, sekalipun ada tutup. Tapi dia memberi informasi barangkali di cabang tokonya ada. Saya pun lanjut naik angkot ke Dago menuju RS Borromeus karena cabang Canary Bakery ada di lobby Gd Carolus RS terebut. Yaelah kenapa gak dari awal aja tau ya..Dago udah berapa kali saya lewati dari pagi sampai siang.

image

Pencarian pun berhasil. Setelah menyebutkan “Mokaput” (bodo amat jika salah sebut) dua pelayannya segera menunjukan rak kue-nya. Ya ampuuun, akhirnya. Kata pelayannya ini kue memang kue Belanda, namanya pun dari Belanda. Berujung kiri dan kanan coklat, dan di tengah ada selai strawberry. Konon kue ini terbuat dari putih telur dan kacang. Nama lain kue ini adalah KAKI KAMBING karena bentuknya mirip kaki kambing.

Ah pencarian pun selesai. Ternyata puas ketika berhasil menemukan sesuatu yang kita cari. Bermodalkan sebuah foto dan kenangan seorang teman. Saya pun membeli 1 toples dan akan saya bawa pulang ke Bogor.

Thanks to @blmnst yang kasih rute angkot. 

6 thoughts on “Berburu Kue Bukkepootjes

  1. Bukannya di Sumber Hidangan (SnoepHuis) ada ya? Itu, toko kue/makanan khas Belanda. Emang letaknya di ujung jl Braga, yg deket-deket ke perempatan jl Naripan. Enggak tau kalau tokonya masih tutup…

Leave a Reply

