Selamat Datang Ya Ramadhan

Esok atau lusa, kita umat muslim akan berjumpa kembali dengan bulan suci. Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah dan ampunan. Bersyukur bisa kembali memiliki kesempatan untuk kembali merasakan ramadhan (mudah2an sampai selesai) walau ada sedikit rasa kehilangan karena kembali Ramadhan tanpa kehadiran sebagian anggota keluarga.

Ini tahun kedua keluarga saya tak berpuasa bersama almarhum bapak. walau selepas puasa tahun lalu tentunya saya sedikit terlatih, namun rasa kehilangan tentu saja masih melekat kuat. Tahun ini pula saya kehilangan 1 orang mamang (adik laki-laki bapak) yang meninggal 1 April 2013 dan 1 uwa (kakak perempuan bapak) yang meninggal 31 Mei 2013. saya dan sepupu2 rasanya dalam tahap adaptasi hidup tanpa sebagian orang tua. Dua orang dosen saya pun meninggal dunia tahun ini. masing2 alm Pak Dinarwan yang meninggal 22 februari 2013 dan alm Pak Sobari yang meninggal 2 pekan lalu. Semoga Allah merahmati para almarhum dan almarhumah dengan kebaikan. Amin.

Ramadhan, entah bagaimana dan kadang sulit dijelaskan mengapa kedatangannya menghidupkan rasa suka cita dan gembira. yah walau bisa saja dijelaskan karena sebagai muslim saya memiliki kepercayaan bahwa bulan ini istimewa dengan penuh ampunan, banyak waktu2 yang baik untuk beribadah,dll. Tetap saja lepas dari itu Ramadhan selalu menggembirakan. Mungkin ini berasal dari kumpulan kenangan Ramadhan lalu dari masa kanak-kanak hingga kini besar. imajinasi mengenai Ramadhan adalah suasana berbeda dengan bulan-bulan lain. Bulan makan bersama dan berkumpul dengan keluarga begitu hangat, beribadah lebih giat dan sebagainya.

Ramadhan kali ini umat muslim di Indonesia dihadapkan oleh situasi kenaikan harga BBM. kebayang dong kenaikan harga barang-barang yang tak diawali kenaikan BBM pun tiap puasa dan lebaran harga naik, apalagi sekarang. hohoho. Ditambah pula ini masanya kenaikan kelas dan pendaftaran sekolah. kebutuhan sebagian orang sedang banyak-banyaknya. Tapi mudah2an saja kita semua dapat bertahan. cukuplah Allah menjaga kesehatan dan keamanan serta damai di lingkungan kita. Tanpa hal-hal kurang mengenakan.

target Ramadhan kali ini :

1) berusaha lebih disiplin memanfaatkan waktu – waktu beribadah

2) melanjutkan bacaan-bacaan al-quran sebagaimana sehari – hari

3)meresapi dan memaknai puasa dengan lebih baik sehingga nantinya menjadi nilai tambah ke diri sendiri

Catatan untuk sendiri di ramadhan kali ini :

1) MAU BERHEMAT. berusaha tidak mengikuti hawa napsu dalam kegiatan komsumtif. hohoho jujur, jajan di bulan puasa acapkali lebih meledak dibandingkan jajan di bulan lain. secukupnya saja dan tidak berlebihan. zaman sedang susah, tidak semua orang berlimpahan rezeki walau untuk sekedar makan makanan enak. (insyaAllah)

2) mau BERES – BERES RUMAH sedikit demi sedikit jika ada waktu senggang. merapihkan kAmar. hiiiiy dah kotor dan berantakan aja. begini kalo bergantung mood kalo beres2🙂

3) melanjutkan aktivitas BERKEBUN DI RUMAH. mudah2an ada rizki untuk membeli kebutuhan hobi yang satu ini. benih sih banyak (yang baru di pesan di dunia maya mungkin akan segera tiba), pupuk banyak, tinggal uang untuk beli pot.

4) MENGURUS POT-POT ANGGREK. duh anggrek2 lagi pada mengenaskan kurang rawat. waktu luang ramadhan tahun mudah2an bisa dipake untuk memperbaiki yang masih bisa dipertahankan.

5) MEMBERESKAN BAJU LEMARI. rapih – rapih lemari biar rumah seger. yang udah jelek mungkin bisa dibuang, yang layak pakai mungkin bisa dicari orang yang bersedia menerima.

6) MEMBATASAI BUDGET KONSUMSI UNTUK LEBARAN. yang sudah2 suka nyesek abis lebaran ngitung uang banyak habis gak jelas. tahun ini mudah2an bisa lebih pinter pilah pilih. habis jikapun itu jelas mungkin lebih baik.

7) seperti halnya 2 ramadhan terakhir, sebisa mungkin akan lebih banyak meluangkan waktu untuk berbuka puasa di rumah bersama keluarga.

banyak sih…saya tulis aja sebagai ikrar. kita lihat mana yang realisasinya maksimal. semoga di Ramadhan ini kita disehatkan semua, dimudahkan dan dicukupkan rizkinya oleh Allah SWT, menjadi lebih baik sesudahnya, makin terjaga kehangatan keluarga serta silaturahim antar saudara dan teman. Ramadhan semoga bisa kita raup berkahnya, banyak diampuni dosa2 lalu dan dirahmati Allah. amin.

selamat datang ramadhan, selamat berpuasa bagi sesama umat muslim.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s