Pak Sobari Pun Berpulang

image

Hari kemarin, Jumat 28 Juni 2013 saya mendapatkan kabar dari teman bahwa Pak Prihatna Sobari meninggal dunia. Kaget dan segera menghela nafas. Saya mengingat rasanya tahun ini banyak sekali kabar duka datang. Selain datang dari keluarga, kabar duka sebelumnya pun adalah wafatnya Pak Dinarwan yang baru saja 4 bulan berlalu. Kedua almarhum sama2 dosen saya di FPIK IPB, mereka pun berasal dari angkatan yang berdekatan. Kini keduanya telah tiada.

Pak Sobari adalah dosen ketika saya kuliah di IPB. Beberapa mata kuliah beliau saya mengikuti. Beliau pun menjadi salah satu dosen penguji ketika saya sidang skripsi. Saya dan teman2 tidak hanya berinteraksi dengan beliau mengenai perkuliahan atau pelajaran. Banyak obrolan santai baik itu berisi candaan ataupun wejangan antara dosen mahasiswanya.
Saya tau Pak Sobari sudah lama sakit diabetes. Tapi sepanjang saya ingat beliau lah yang paling kuat bertahan. Pernah melongo liat alm minum obat beberapa sekaligus (saya gak bs nelen obat). Bahkan bapak saya yang sakit belakangan pun lebih dulu menyerah.

Hari kemarin ternyata tiba waktunya untuk pak Sobari di titik akhir kehidupannya. saya tidak tau jika almarhum masuk rumah sakit. Saya justru sedang mencari hari yang pas untuk saya dan teman2 main bersilaturahim sebelum puasa. Ternyata silaturahim ke rumah akhirnya dilakukan walau pun dalam rangka melayat.

Pak Sobari adalah pribadi yang menyenangkan. Walau saat menghadapi mahasiswa terkesan candain atau kadang “ngerjain”, namun alm gak pernah benar2 ingin menyulitkan mahasiswanya. Sampai akhir hidupnya Pak Sobari juga salah satu dosen yang paling giat menjaga silaturahim dengan mahasiswanya. Dia mengingat banyak mahasiswa, menyapa di sosial media. Seakan tak pernah menciptakan jarak karena beliau adalah dosen kami.

Kabar kematian begitu seringnya sebagaimana kabar kelahiran. Mungkin begitulah hidup ada yang datang ada yang pergi.

Selamat Jalan Pak Sobari, semoga Allah melapangkan jalan bagi bapak. Semoga ilmu yang bapak tebar menjadi amalan jariyah yang berbuah kebaikan. Semoga Allah menempatkan bapak di tempat paling baik. Amin

**Alm Pak sobari dimakamkan di TPU Belender, kebon pedes Bogor.

2 thoughts on “Pak Sobari Pun Berpulang

Leave a Reply

