Pohon Kersen

image

Pohon kersen begitu saya menyebutnya. Saya tak tau persis nama umum lainnya. Pohon ini sepertinya banyak dan sembarangan tumbuh di banyak tempat sekalipun tidak sengaja ditanam. Pohonnya merebak ranting dan daunnya meneduhkan. Buah2nya kecil2 hijau dan akan merah glossy saat matang.

Sampai sedewasa ini, setiap melihat pohon kersen apalagi yang berbuah jiwa anak2 saya muncul. Saya pasti menoleh atau mendongak memperhatikan adakah buah yang merah. Sayang, karena seringnya liat di lingkungan orang lain saya udah gak pantas layaknya anak2 berebutan naik atau menggapai dahan hanya untuk memetik buahnya. Maklum,jaga image-laaah.

Pohon kersen rasanya jadi salah satu pohon kenangan masa kecil saya selain pohon kenari sepanjang jalan. Ahmad Yani Kota Bogor. Masa kecil saya banyak dihabiskan bermain-main dengan kawan dibawah pohon ini. Sesekali memanjat, sesekali membawa sebilah bambu panjang ataupun bahu membahu dengan kawan2 saya meraih dahan dan memetik buahnya.

Ada 3 pohon kersen di dekat sebuah rumah, ada 2 lagi di lokasi berlainan. saya dan kawan2 kecil saya banyak menghabiskan waktu disana. Sebenernya sih lebih berburu sekalipun pohonnya jauh.

image

Sekarang? Jangan mimpi bisa manjat-manjat deh. Masa ditempat umum tau2 saya metikin di pekarangan orang🙂 yang saya bisa hanya memandang berbinar saat liat buah2 merahnya nampak. Buah tak terlalu istimewa rasanya, tapi nikmat mendapatkannya luar biasa.

Ah kemana kalian kawan2 kecil saya. Waktu cepat berlalu gak kerasa puluhan tahun sudah dari masa2 bermain di bawah pohon kersen. Semoga yang masih hidup dan berkeluarga bahagia dengan hidupnya, semoga dua lainnya yang sudah tiada diberi tempat terbaik oleh Allah SWT.

Pohon kersen dan buahnya, selalu berhasil menyerat saya ke masa lalu. Masa lalu yang jauh dan panjang, yang tak terasa sudah terlewati.

2 thoughts on “Pohon Kersen

  1. Di depan rumah saya ada sekitar 10 pohon kersen, kalau anak-anak dapet buahnya biasanya dibawa ke rumah. Naaahh saat itulah ayahnya bisa makan tanpa perlu manjat2🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s