Horaaaaay, Dagang aja semua :)

image

Pengen senyum deh siang ini. Gak sengaja mengintip wall facebook dan mendapati semua atau sebagian besar kawan saya berjualan. Yang bikin geli adalah saya sekarang salah satu bagian diantaranya.

Selama ini saya bergaul dengan teman-teman yang jiwa enterpreneurnya tinggi sekali. Beberapa diantaranya memiliki pekerjaan menarik ataupun tampak mapan. Namun berjualan atau berbisnis sepertinya bukan lagi sekedar usaha pemenuhan kebutuhan-kebutuhan pokok. Setidaknya saya lihat dari beberapa contohnya.

Selama ini saya yang berkecimpung di dunia pendidikan biasanya sih cuma duduk manis ikut dengerin kawan2 lain saat berkumpul membicarakan bisnis dan jual beli. Setia disana mendengarkan suka cita dan keluh kesahnya.

Dalam hati saya selalu mengatakan, sepertinya saya tak mampu berdagang. Kendala terbesar adalah saya selalu menghindari membicarakan,meributkan dan mempermasalahkan uang dengan kawan2 saya. Menagih uang pun sepertinya kagok saya lakukan. Setidaknya jika tidak terpaksa.

Tapi kali ini saya tergiur juga untuk ikut terjun berniaga. Saya membisiki beberapa kawan saya yang terbiasa melakukannya untuk mengajari saya. Saya juga jelaskan kelemahan2 saya. Salah satu teman yang merupakan senior sekaligus produsen produk yang saya ikut jajakan malah memberikan sebuah buku kepada saya. Mungkin berharap isinya mampu menyuntik semangat dan mengaktifkan keahlian dan keberanian untuk menjalankan usaha.

Jadilah saya berjualan mukena lukis, lalu saya pun menawarkan diri untuk memasarkan tas2,baju dagangan kawan saya yang lain. Tak lama bertambah ikut menjual mukena bordir,sprei dan bed cover, lalu kawan saya yang lain ikut menitipkan batik bola untuk pria.

Semuanya butuh keberanian dan niat besar. Mau mencoba dan keluar dari tembok2 dalam pikiran saya. Walau memulainya sedikit sulit karena jadwal saya mengajar bulan ini sangat padat. Sempat terpikir sepertinya berat melakukan 2 kegiatan itu sekaligus. Tapi saya kan gk ngoyo.. santai2 tp sambil belajar.

Sekarang saya sudah berhasil menjual belasan mukena lukis dan beberapa mukena bordir. Kemeja batik dan sprei pun sudah ada beberapa yang menandai hanya saja saya belum mem-follow upnya karena pekerjaan saya pun masih padat.

Aktivitas berbeda ini cukup menyenangkan. Bertahun-tahun berkutat di dunia mengajar, sementara ini berdagang mendorong saya memikirkan hal lain diluar kebiasaan. Secara tidak langsung ini jadi hiburan. Setidaknya saya ingin menjaganya tetap begitu. Menghibur.

Walau masih belajar, walau saya tak ngoyo namun karena berniaga melibatkan uang dan kepuasan orang lain tetap saja yang tidak gegabah dalam setiap transaksi yang saya lakukan.

Dunia baru, dunia tambahan, dunia belajar hal lain dan dunia yang memancing keahlian lain. So far menyenangkan. Dan saya akan melakukannya terus selama menyenangkan untuk dilakukan dan menguntungkan tentu saja.

Leave a Reply

