Museum Bank Indonesia

image

Beberapa waktu lalu saya mengunjungi museum Bank Indonesia di kawasan Stasiun Jakarta Kota sana. Beberapa waktu sebelumnya museum ini sempat saya baca di harian Kompas. Sepertinya menarik untuk dikunjungi.

Pagi itu bersama seorang kawan saya main di kota Jakarta dan museum ini jadi salah satu tujuan saya.

Saya tidak terlalu menyukai museum, jujur saja. Namun museum satu ini sekalipun tampak luarnya megah beraroma bangunan lama, di dalamnya penuh dengan teknologi yang masa kini.

Melewati pintu masuknya kita akan berjumpa dengan Pak Satpam yang berjaga, ada satu buah lemari otomatis yang menjual minuman ringan. Menaiki tangga sedikit, kita diminta menitipkan barang2 bawaan kita. Kemudian berjalan ke sisi kanan dan ditemui oleh mbak2 di meja seperti petugas Teller bank.

Mengisi buku tamu, diberikan karcis masuk (gratis) dan kita bisa melenggang kangkung ke dalam.

Ruangan di dalam agak gelap temaram. Saat melangkahkan kaki, saya seakan ada di salah satu rumah wahana Dunia Fantasi. Setelah lorong kecil ada seperti bioskop kecil. Ada 2 pemandu wanita manis2 yang sedang mendapingi rombongan anak2 TK. Saya duduk sebentar dengan kawan saya di salah satu deretan kursi kayu mirip bioskop kecil.

Kami pun melanjutkan perjalanan. Museum ini menyajikan sejarah uang dari era tukar menukar yang kita kenal dengan barter hingga ke uang modern masa kini.

Selama berkeliling kita akan melihat rempah2 yang dahulu kala konon dihargai senilai emas hingga akhirnya kita dijajah Belanda. Ada juga uang2 yang diterbitkan tempo dulu hingga uang terbaru.

Museum juga menyajikan sejarah perekonomian dari zaman presiden Sukarno, Suharto hingga masa reformasi dan sekarang. Menorehkan sejarah kebijakan ekonomi di eranya masing2.

Gak seperti museum yang sudah2 saya kunjungi, di museum ini hawa teknologinya kuat terasa. Gambar di tampilkan di kaca besar, ada suara musik yang mengiringi, lampu2 ruangan yang ditata sedemikian rupa.

Mengunjungi museum Bank Indonesia saya rasa bisa dijadikan pilihan salah satu wisata edukatif terutama pagi para pelajar dan penyuka sejarah.

image

image

image

image

image

image

Leave a Reply

