Kota Bandung Yang Tak Akan Pernah Sama Lagi

Malam ini saya menyempatkan untuk packing sedikit barang2 yang akan saya bawa besok. Besok saya akan ke Bandung dengan sebagian keluarga saya untuk memenuhi satu undangan.

Kota leluhur yang tak akan sama lagi. Ini kali pertama saya akan masuk kota Bandung sejak almarhum bapak saya berpulang Desember lalu. Malam ini saja hati saya sudah haru biru tak karuan.

Puluhan tahun sedari saya kecil hingga besar, tujuan saya bertandang ke Bandung adalah mengantar bapak saya pulang ke kampung halamannya. Menemaninya melepas rindu dengan keluarga dan sesekali berjumpa tak sengaja dengan kawan2 kecilnya.

Esok dia tak datang bersama saya. Ditanya pun kemana saya tak bisa menjawab : “oh ada di rumah. Di Bogor. Gak ikut”. Karena bapak memang sudah tak ada. 6 saudara saudari kandungnya semua ada di satu Kota. Hanya bapak yang kini tak ada.

Saya sudah belajar berdamai Kota Bogor tanpa bapak, namun Kota Bandung belum. Ramahlah Bandung hari esok,untuk kali pertama berkunjung kaki2 saya mungkin akan berdiri lemah saat memasuki pintu kota. Kota bapak saya lahir dan besar.

Bandung tanpa bapak, rasanya tak akan pernah sama. Separuh makna kota Bandung bagi saya ikut terkubur tenang bersama jasad bapak saya. Setengahnya lagi kenangan.

Prang!! Dan kaca-kaca di pelupuk mata pun retak. I miss u bapak. Semoga doa2 saya setiap hari dikabulkan Allah SWT dan menjadi kebaikan bagimu. Rindu hari ini dan selamanya. Rindu bapak sejadi-jadinya.

One thought on “Kota Bandung Yang Tak Akan Pernah Sama Lagi

Leave a Reply

