Berburu Tutut Di Sawah

image

Yuck!! Reaksi jijik seringkali keluar dari mulut orang yang gak suka tutut. Tutut itu keong sawah kecil2. Teman saya ada yang pernah menyebutnya sebagai sundanese escargot. Kawan saya Indra Pramana gak tau awalnya tutut itu apa. Setelah dijelaskan barulah berkomentar Yuck!!🙂

Olahan tutut sebenarnya tidak terlalu aneh bagi saya. Zaman saya kecil sesekali saya melihat keluarga saya mengkonsumsinya. Saya pun rasanya ikut icip2.

Belakangan di Bogor tutut jadi marak. Jika dulu mungkin olahan tutut dijual oleh pedagang tertentu saja sekarang tutut sudah mulai di jual bahkan oleh rumah makan yang banyak digemari anak muda.

Sebut aja rumah makan “ayam Aroma” yang jadi langganan mamah saya. Penjual tutut gerobak dengan merk grup dagang tertentu pun berjejer di sisi jalan.

Weekend beberapa waktu lalu saya dan keluarga mengunjungi rumah kakak saya yang kebetulan di belakang rumahnya masih terhampar sawah. Setelah jalan pagi ke arah gunung sekitar pukul 7 pagi kami iseng main ke sawah dan berburu tutut hidup. Ya tutut sawah hidupnya di lumpur. Konon di jam2 tertentu mereka muncul ke permukaan dan bisa kita pungut dengan mudah.

image

image

image

Nah kalo untuk yang gak suka kalo liat bagaimana tutu hidup sebelum di masak pasti makin gak suka. Makanya, hanya yang ahli masak tutut saja mungkin yang bisa menyajikan tutut menjadi olahan yang lezat.

Penikmat tutut juga gak melulu orang tua, di rumah makan “ayam aroma” bahkan saya geli sendiri liat 4 gadis muda dengan baju seksi, rambut di cat dan gadget keren tapi duduk berkumpul di satu meja sambil “ngecrotin” tutut.

Saking menjamurnya penjual tutut di Kota Bogor salah satu teman saya yang tinggal di jakarta berseloroh, “bisa2 Bogor jadi Kota Tutut neh”. Iya juga…

One thought on “Berburu Tutut Di Sawah

  1. di depan mesjis attin tmii dipinggir jalannya banyak bgt pedagang tutut
    salah satunya nama nya tutut tinular..
    ky judul film ya,,
    dan gw ga pernah beli hehe..bukan penyuka tutut.

Leave a Reply

