Olah Raga pagi menyehatkan tubuh, jiwa dan pikiran

image

Suatu hari saya duduk berdua dengan salah satu kawan baik saya di pizza hut. Siang itu kami memesan cukup banyak makanan dan minuman, setidaknya diukur dari jumlah kami yang hanya berdua. sambil makan tak enak jika tak berbincang kemana-mana. Siang itu kami yang sudah berkawan belasan tahun itu mengobrol tentang keseharian, hari esok, asmara, keluarga hingga kesehatan orang tua.

Berujung pada obrolan tentang kesehatan entah bagaimana saya dan kawan tadi mencanangkan untuk sedikit lebih banyak menggerakan badan kami dengan jalan pagi. Jadi diantara deretan piring dan gelas kotor sisa sajian yang baru saja disantap kami berdua sepakat mau mulai berolah raga.

Saya menepati janji, kawan saya pun sama. Di suatu pagi masih pukul 6 kawan saya sudah menunggu di depan pintu istana bogor. Pagi itu pun kami berjalan ke arah lapangan sempur dan mulai berjalan santai mengelilingi lapangan. Beberapa putaran dan bertambah di keesokan harinya.

Sesekali kami jalan berdua, sesekali saya terpaksa sendirian. Tidak setiap hari tapi setidaknya seminggu 3x ketika jadwal pagi kami luang. Lama2 kegiatan jalan pagi ini asik juga. Saya merasakan hal berbeda setelah melakukannya. Berujung pada candu ketika tidak beranjak pergi jalan pagi maka ada kualitas hari yang dirasakan berkurang.

Saya menikmati suasana pagi di kawasan rumah saya, suasana teduh dan sejuk karena daerah rumah hingga lapangan adalah kawasan rindang perpohonan. Berjalan santai sambil menghirup udara pagi dan sesekali menyaksikan pikuknya orang melajukan kendaraan menuju kantor, sekolah dan pasar.

Di lapangan saya menggenggam ponsel saya karena disana ada aplikasi yang mengukur berapa banyak langkah kaki yang sudah saya ayunkan, berapa jarak yang sudah saya tempuh dan berapa besar kalori yang terbuang.

“Kawan” saya di lapangan, katakanlah kawan karena wajah dan gaya mereka berjalan menjadi familiar tapi sekalipun bersua 2 hari sekali tetap tak sekalipun kami saling bertegur sapa.

Ada yang suka sambil berbincang, ada yang berlari sambil mendengarkan musik, ada yang senam di sisi liintasan, ada kakek yang bersepeda santai. Saya senang berada disana. Tanpa musik dan hanya hening pagi. Saya lebih sering bermonolog dengan diri sendiri. Tentang ini dan tentang itu, masalah ini dan masalah anu, nanti akan begini atau seharusnya begitu.

Saya menikmati proses berpikir sendiri sambil menghirup udara pagi. Tak jarang sepulangnya dari sana saya menggenggam satu resolusi atau kemumetan pikiran yang bisa saya urai dengan tenang. Tak jarang hati sesak pun menjadi lega, pikiran sempit pun menjadi lapang.

Saya rasa ini aktivitas yang baik. Secara kesehatan jalan pagi selama kira2 satu jam tentu saja memiliki pengaruh yang baik bagi tubuh kesehatan. Googling saja apa manfaat berjalan kaki, jangan kaget melihat manfaat yang dituliskan orang2 disana. Saya pun berharap kebaikan2 itu menjadi kebaikan bagi kesehatan saya.

Berjalan pagi dan menghirup udara pagi juga menyegarkan. Seperti menghadiahkan paru2 saya dengan udara yang segar. Saya memberikan kulit saya dengan sorotan sinar matahari pagi yang pertama.

Berolah raga dan sekaligus berbincang dengan diri sendiri seakan memberi kesempatan pikiran saya menelaah hal2 yang sedang saya alami. Berpikir dengan tenang sambil menggerakan badan dan bergumam sepanjang jalan. Efeknya lebih besar dari kekuatan berbagi maupun dibesarkan hati oleh orang lain. Ternyata siapapun manusia perlu menyediakan waktu untuk berbincang dengan dirinya sendiri.

Jadi mari tetap komit untuk terus jalan pagi. Sehat pagi tubuh, sehat bagi jiwa dan sehat pagi pikiran.

One thought on “Olah Raga pagi menyehatkan tubuh, jiwa dan pikiran

  1. Salam kenal Sis
    tq atas sharingnya, menurut sista olahraga secara teratur itu paling tidak berapa menit tiap hari ya? dan kalo boleh tau untuk olahraga senam apa yang menurut sista paling cepat untuk menurunkan berat badan?
    dan dimana ya ada tempat senam favorit yang menyediakan koleksi baju senam wanita murah dengan merk Crystal? tq🙂

Leave a Reply

