Jambu Cincalo Ku Suka

Ada jenis jambu air yang saya suka, mamah saya suka menyebutnya sebagai Jambu Cincalo. Itu loh jambu air yang ukurannya agak besar, mirip lonceng warnanya cenderung hijau kemerahan atau bahkan berujung kecoklatan.

Kenapa saya suka? Karena rasanya lebih manis dan dagingnya tebal dan besar. Tak harus di makan dengan cara dirujak pun jambu cincalo enak dikunyah seperti buah lainnya.

Beberapa hari lalu saya menemukan pedagang rujak yang salah satu buahnya adalah jambu cincalo. Mata saya cukup awas menangkap keberadaan jambu itu di gerobak sederhana sisi jalan raya. Saya pun membelinya dengan suka cita. Sudah musim jangan2 ya…

Nah masalah dimulai dengan penyebutan jambu itu. Saya menyebutnya jambu cincalo, kawan yang saat itu bersama saya menyebutnya jambu lilin. Ah saya baru denger itu istilah jambu lilin.

Keesokan harinya saya cerita ke teman lain baru memakan jambu cincalo dia pun bingung jambu mana yang dimaksud. Pas saya ceritakan ciri2nya dia juga menyebutkan nama lain.

Jadi setelah saya googling barusan, jambu yang kami maksud konon adalah Jambu Air Semarang. Penyebutannya memang berbeda-beda namun ditilik dari ciri-cirinya semuanya merujuk ke jambu yang sama.

Ini kata wiki, penyebutan nama lain dari jambu air semarang : jambu air mawar (Malaysia),
jambu lilin , jambu cincalo, jambu camplong ( Ind. ), jambu
klampok (Jw.), chomphu kaemmaem ( Thai), makopa (Fil.)

Dan hari ini saya akan lirik2 keberadaan jambu cincalo ini di pasar. semoga saja sudah musim. Ah beruntunglah tetangga yang di halaman rumahnya tumbuh pohon jambu cincalo. Sayang pohon jambu air di rumah nenek saya adalah jenis lain.

One thought on “Jambu Cincalo Ku Suka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s