Makan Soto Santan Mbak Par

image

Mbak Par adalah tempat makan di satu tenda sederhana di kawasan jalan Malabar Bogor. Mengenal nama ini sejak duduk di bangku kuliah. Maklum di awal2 perkuliahan beberapa kawan saya masih berkuliah di IPB baranang siang sementara saya IPB Darmaga.

Pekan lalu sambil jalan pagi kawan saya mengajak saya untuk mampir ke tenda mbak Par ini. Dia ingin membeli sambel goreng kentang kering dalam toples yang dicampur teri dan kacang. Harganya 15.000, dan saya ikut membeli satu.

image

Saya tertarik melihat aktivitas pagawai mbak par. Sepagi itu selain masakan2 warteg biasa sudah siap juga sewajan besar soto santan. Beberapa mangkuk sudah disiapkan dan puluhan plastik sudah di sediakan untuk pesan bawa. Saya tanya mengapa persiapannya sampai begitu, konon katanya jika pembeli sudah berdatangan yang melayani mulai keteteran.

Saya membuktikannya kembali pagi ini. Mengunjungi lagi tenda Mbak Par dan memesan soto santan isi daging. Pembeli sudah ramai, nyaris tiada meja yang kosong. Saat pembeli beranjak pergi pun tak lama pasti sudah ada yang mengisinya kembali.

image

Kamu yang ingin makan disini bisa memilih apa ingin makan nasi dan lauk pauk biasa, atau soto santan daging sapi, soto santan daging ayam apa sop Iga. Tampak semuanya lezat (jika melihat antusiasme pembeli yang sepertinya semua sudah langganan mereka).

Soto santannya kental, sayang saya tak menemukan emping. Mereka melayani pembeli dan membersihkan meja juga memberikan minum dengan cekatan. Penyebabnya saya tau, seorang wanita separuh baya yang saya duga sebagai Mbak Parnya cukup “cerewet” mengawasi dan mengarahkan orang2 yang membantunya. Ditambah persiapan mereka yang sudah siap sebelum pembeli datang.

Harga soto daging yang saya makan adalah 8000 sudah dengan nasi. Akhirnya saya membungkus lagi 1 porsi tanpa nasi sekedar buah tangan untuk nenek saya. Saya cukup membayarnya 6000 rupiah. Untuk saya harga sebesar itu cukup murah mengingat santan dan daging biasanya ada “harga”nya.

Ingin kesini? Carilah gedung bekas Pangrango Plasa (nama jadulnya Internusa). Tepat dibelakang gedung bekas itulah ada tenda panjang. Tendanya Mbak Par.

One thought on “Makan Soto Santan Mbak Par

Leave a Reply

