Belajar Mencintai Air Putih

Hujan di pagi hari, masih rintik sih namun saya sudah selesai meneguk habis segelas air putih hangat saya pagi ini. Dan ini adalah hal baru bagi saya, si penyuka teh panas tanpa gula.

Sudah sejak lama saya sebenarnya tau bahwa bagus jika kita meminum air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya. Entah untuk apa aja, namun rasanya banyak percakapan, artikel ataupun tips2 kesehatan berujung kepada nasihat untuk memperbanyak minum air putih. (Dalam jumlah maksimal yang dibutuhkan tubuh tentunya).

Saya tidak khawatir dengan pola minum saya sebenarnya. Walau saya dominan meminum teh yang konon suka ditakut-takutin teh ada zat-zat yang mungkin mengendap di tubuh jika kita melihat warna gelas yang kekuningan jika lama diisi teh,namun saya merasa aman karena tubuh saya agak jauh dari soda, kopi,maupun minuman-minuman manis. Jarang2 saya nikmati, kecuali kopi yang sama sekali tidak.

Namun belakangan saya mulai membiasakan minum air putih. Menyeimbangkan kebiasaan saya minum teh. Terserahlah efeknya apa. Baik itu melancarkan pencernaan, mengurangi kemungkinan batu ginjal, membantu ekskresi racun tubuh, kebugaran, kesehatan kulit dan daya tahan tubuh juga lain-lain. Yang jelas saya mulai membiasakannya.
Mungkin ini ada efek dari sejarah bapak divonis gagal ginjal diakhir hidupnya. Entah apa penyebabnya dulu, namun saya ingat pada saat sakitnya minum beliau saya batasi satu botol aqua sedang untuk 24 jam. Padahal ketika sehat dan jantung juga ginjal belum bermasalah, tubuh justru membutuhkan air putih lebih banyak.

Di Minggu yang sama dengan bapak saya meninggal, saya mengantar paman saya ke dokter yang sama dengan dokter alm.bapak. beliau sakit pinggang, dan menurut dokternya paman saya kurang minum air putih.

Ah saya jadi ingin membiasakan minum air putih, setidaknya saya selang seling dengan teh kesukaan saya. Mumpung saya masih sehat, menghindari penyakit-penyakit yang mungkin timbul. Namun untuk mengurangi rasa air putih yang menurut saya hambar, saya tetap meminumnya dalam kondisi panas.

Semoga usaha minum air putih ini membuahkan hasil positif dan kesehatan saya lebih terjaga. Amin

Leave a Reply

