Terkenang – Kenang

Seperti apa sih yang orang lain rasakan kalo sedang mengingat atau teringat masa lalu? masa lalu disini bukan masa lalu penuh kisah kasih ataupun kisah-kisah yang bersejarah lainnya. Masa lalu yang saat saya bicarakan adalah hal – hal sederhana yang kita alami di masa lalu.

Belakangan ini ada aktivitas di kamar saya yang menyeret saya ke masa lalu. Keponakan saya yang berusia 1,5 tahun belakangan sering diputarkan lagu anak-anak. lagu anak-anak itu pun pastinya lagu anak yang juga berasal dari masa kecil saya. Nah selain lagu-lagunya lagu masa lalu ternyata video klip dalam dvd tersebut tampak jadul sekali. Saya liat setting, mode, suasana dan gayanya persis ketika masa – masa saya kecil dan bersekolah.

bahkan seragam olah raga di video klip ini warna dan modelnya sama dengan seragam olah raga teteh saya di SD Pengadilan 4 Bogor. duh… makin terkenang-kenang.

Ada pula video klip lagu happy birthday. ah walau tampak kaku dan sederhana dengan kue, tumpeng dan makanan dan baju jadulnya toh saya tetap harus mengakui saya dari era tersebut, dan kenangan itu indah kalo diingat. Bandingkan dengan ulang tahun masa kini yang diadakan di restoran cepat saji maupun mall. saya tetap punya kenangan sendiri.

Nama Pak Presiden Suharto dan Ibu Tien pasti ikut terkenang bila terkenang masa lalu. Mau tidak mau saya memang besar dan tumbuh di era beliau. Teringat suasana sekolah dasar dan gegap gempitanya menyambut HUT RI. Saya, teman dan guru menghias sekolah. Foto presiden terpampang di kelas sepanjang saya 11 tahun sekolah. Pergi karyawisata saya pergi ke taman mini, museum dan lain – lain. Saya mencium aroma Ibu Tien disana. Belum lagi giatnya guru membariskan murid jika ada pejabat yang lewat sekolah dengan berdiri di sisi jalan sambil memegang bendera plastik kecil.

Sepertinya banyak yang tidak sama lagi saat ini. Sekarang pejabat lewat dengan pengawalan polisi pasti sambil “dikutuk” karena bikin jalur di stop atau setidaknya dianggap angin lalu. Dulu rasanya apa2 dianggap penting dan terhormat.

Saya terkenang bagaimana gegap gempitanya antusiasme sekolah dan lingkungan merayakan HUT RI. perlombaan sudah dimulai 1 bulan sebelumnya, tingkat keikutsertaan warga tinggi, hadiah2 begitu sederhana namun semuanya penuh sukacita. Zaman dimana PKK dan Karang Taruna tampak menonjol di lingkungan rumah.

TV memang ada, namun pilihan tontonan dulu terbatas. bahkan saya mengalami menikmati serunya duduk mendengarkan sandiwara radio. Menonton TV begitu khusyuk, bahkan sebelum acara yang ditunggu mulai saya sudah duduk menanti. Tak lupa beberapa tetangga saya yang suka ikut menonton televisi. Maklum kala itu tidak semua rumah memiliki TV.Berbagi TV nonton ramai-ramai adalah hal yang wajar saat itu.

Mungkin karena itulah semua tampak terkenang. Hiburan maupun hal – hal lain yang kami nikmati dulu begitu terbatas pilihannya. Sehingga apapun tampak berharga dan berarti. Bayangkan saat ini ketika kemudahan sebegini banyak, teknologi tinggi, hiburan bejibun dan pilihan beraktivitas amat beragam. Rasanya semua orang sibuk memilih apa yang paling disukainya.

ah, lagu gelang sipaku gelang dan ruang kelas TK ini menyeret saya ke kenangan di TK dan saya memegang bingkisan kecil karena hari itu teman saya ulang tahun. Kami mesti deh nyanyi lagu ini sebelum pulang. Saya masih jelas diingatan apa saja yang ada di kotak bekal saya kala itu juga teman saya yang selalu bawa telor rebus dalam bekalnya.

ada rasa senang kala mengingat hal2 sederhana di masa lalu. Senang karena teringat kita pernah mengalaminya, namun sekaligus sedih juga jika mengingat betapa kita sudah jauh melangkah dari masa itu. Entah masuk akal apa tidak jika merindukan dan berharap sekali waktu merasakannya dulu. Tak kalah sedih jika ingat tidak semua orang di masa lalu itu masih ada di masa kini. Kawan sudah ada yang meninggal dan tak sedikit yang sejak dewasa lalu menikah dan berjauhan hingga dimana.

Terkenang-kenang masa lalu seperti mengemut permen nana-nano. semua rasa ada. ah sebaiknya dvd ini saya matikan saja.

 

Leave a Reply

