Nyanyian Hidup

image

Saat ini, saya lagi berdiri di depan satu restoran dalam sebuah mall. Tedengar alunan musik instrumental yang di telinga justru terdengar sangat satir, tidak menenangkan. Entah bagi yang lain, sekeliling saya toh terlihat anteng aja pada makan. Saya bergumam kok makan diiringi lagu menyedihkan begini ya.

Baiklah, mungkin saya aja yang merasakannya demikian. Saya melihat berpuluh-puluh orang sedang riuh redam bersantap semua hidangan di mejanya masing2. Terdengar suara alat-alat makan yang berdenting satu sama lain. Saya kok justru mendengar keheningan ditengah keramaian. Lagu instrumental tadi saja yang terdengar menyayat.

Beginilah sepertinya hidup, kehidupan yang kita jalani. Ada waktu dimana kita semua sehat jasmani, berkemampuan secara ekonomi menikmati hidup. Menyantap semua makanan yang bebas kita pilih. Tidak ada yang pernah tau mana dari makanan dan kesenangan yang dinikmati saat ini akan berdampak buruk di masa depan.

Sementara saya menyaksikan banyak orang sakit selama merawat ayah saya yang sakit beberapa bulan belakang. Tidak ada suasana meriah riang bahagia seperti kegaduhan orang bersantap saat ini.

Ada waktu dimana kita akhirnya sakit, entah itu karena begitu banyak kenikmatan hidup yang kita nikmati di masa lalu dan saat ini tubuh berkata : “aku lelah” lalu sehat dan kebebasan hidup pun menurun.

Tidak ada yang salah dari kebahagiaan atas nikmat yang kita nikmati dimasa lalu, tidak ada istimewanya ketika kemudian kita diberi sakit dan kesempitan hidup. Toh seperti itu lah kehidupan bukan? Kita hanya menikmati fase yang sedang disodorkan.

Ibu saya bilang pada ayah yang sakit, mungkin saat ini sedang diuji dengan sakit. Nikmat sehatnya dikurangi sementara selama ini kami menikmati begitu banyak kemudahan dan lezatnya makanan apapun yang kami inginkan.

Seperti itu lah hidup. Ada kalanya penuh nikmat dan kita gak tau kapan kita sakit. Seperti hal nya yang saat ini sakit, kita tidak pernah tau kapan kembali sehat dan menikmati hidup seperti biasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s