Obrolan Tentang Sedekah bersama @jafrane

Kemarin malam, saya seperti biasa berbincang bersama teman-teman di #kik. Tidak seperti biasanya, malam tadi hanya ada saya dan Bang Rane Hafied. Beliau menceritakan betapa hatinya tersentil kata-kata bintang tamu salah satu tayangan di televisi, Haji Bolot. Satu dari komedian-komedian yang dimiliki negeri ini.

Menurut ceritanya, dalam acara tersebut H. Bolot mengutarakan satu statement yang menancap di hatinya. Bahkan hingga terbawa dalam mimpi. Keren ya..🙂

Konon, H. Bolot mengutarakan tipsnya agar selalu diberi sehat alias jauh dari penyakit. Menurutnya : yang pertama adalah dengan tidak memiliki ambisi. Mungkin maksudnya tidak menjelma menjadi ambisius berlebihan ya. Yang kedua adalah tidak iri dengki dengan apa yang diperoleh oleh orang lain. Yang ketiga adalah rajin menyisihkan rezeki 2,5%nya untuk bersedekah.

Teman saya tersentil sekali dengan tips ketiga. Mungkin menurutnya selama ini dia tidak melakukannya secara maksimal. Ketika dia mengutarakan hal itu pun sesungguhnya saya jadi ikut tersentil. Sekalipun saya tidak menonton langsung acara yang menghadirkan H. Bolot tersebut.

Lepas kebenaran kesimpulan sehat karena rajin bersedekah, saya kembali diingatkan bahwa sedekah itu sendiri memang mutlak menjadi kewajiban kita. Terkadang karena kita merasa tidak terlalu banyak jadi berfikir 2,5% tadi jadi sepele untuk tetap diperhatikan. Sekalipun bersedekah, biasanya tidak rutin dan besarannya tidak proporsional.

Yah, cukuplah obrolan malam kemarin jadi ikut mengingatkan saya untuk selalu berdisiplin dan rutin memisahkan mana hak saya mana sebagian hak orang lain. Bahkan dari 100rb yang kita nikmati pun tetap saja 2,5%nya hak orang lain yang perlu disisihkan.

Hal2 semacam ini terkadang sering dilalaikan tanpa sengaja. Dan obrolan bersama teman bisa juga ternyata dijadikan pengingat. Tidak melulu harus lewat nasihat orang tua ataupun tausiyah seorang guru.

Mudah-mudahkan selepas hari ini hingga masa depan nanti, saya selalu diberi ingat bahwa ada hak-hak orang lain dari apa-apa rezeki yang saya nikmati. Tak peduli sedikit apalagi banyak.

One thought on “Obrolan Tentang Sedekah bersama @jafrane

Leave a Reply

