Teliti Sebelum Membayar

Speedy

Kejadian hari ini menjadi pelajaran bagi saya untuk lebih teliti dan cermat saat harus membayar tagihan apapun nanti di masa selanjutnya. Hari ini saya mampir ke plasa telkom mau membayar tagihan telepon dan tagihan pemakaian speedy rumah saya. Ketika di kasir saya hanya membayar tagihan telepon saja, pembayaran speedy saya tangguhkan karena besar tagihan menurut saya ada perbedaan dengan tagihan seharusnya.

Beberapa bulan lalu tidak seperti biasanya saya melihat di tagihan speedy ada angka tertera sekitar – 19rb. saya penasaran potongan apa itu? Saya pun langsung menuju meja CS setelah meminta nomor antrian. di depan CSnya saya meminta penjelasan angka potongan 19rb itu apa. Disana saya dijelaskan bahwa saya menambahkan layanan “melon” (download music) di layanan speedy saya. Potongan yang dimaksud adalah harga layanan melon yang seharusnya dikenakan biaya sekitar 25rb untuk bulan2 awal saya masuk program promo, jd cukup membayar 4500 saja.

Apa yang saya lakukan? tentu saja saya langsung meminta layanan itu di unreg karena saya tidak menggunakannya. Rasa2nya saya tidak regristrasi apapun yang berhubungan dengan melon ini. CSnya berkali-kali mengingatkan barangkali saya lah yang sengaja maupun tak sengaja sudah me-regristrasi sendiri. Saya berusaha mengingat-ingat, mungkin saya tanpa sengaja disatu waktu mengklik atau menyetujui langganan kala di telp marketingnya. Namun rasanya tidak..

Bagaimana pun awalnya, setidaknya saya fokus ke pemutusan layanan itu. Akhirnya katanya layanan itu pun dihentikan. Namun bulan lalu ternyata tagihan penggunaan layanan melon itu tetap dibebankan ke tagihan saya, dan besarannya adalah tarif normal sudah tidak promo lagi. Saya menanyakan kembali ke CS dan meminta kembali layanan itu dihentikan. Saya secara langsung dirugikan tidak, karena saya selalu mericek kembali tagihan sebelum membayar. Dan CS sempat mengoreksi tagihan saya di tempat sehingga saya hanya rugi waktu saja mengurus pembayaran tidak hingga materi.

Bulan ini, kembali biaya layanan melon ditagihkan kepada saya. Dan saya pun kembali menghadap CSnya. Yang lucu adalah pasca saya men-unreg depan CS bulan lalu. Di awal bulan saya malah di telp petugas dari layanan melon bahwa saya bisa menikmati layanan download music. nah loh nah loh, saya jelaskan lagi bahwa saya udah unreg 2x di plasa telkom. ternyata benar, komplain saya ke CS tempo lalu gak pengaruh. Jadi belum keputus-putus layanannya.

CS kali ini lebih meyakinkan, dia membuat surat permohonan penyetopan layanan yang tidak saya kehendaki. Saya diminta tanda tangan. Saya baru ingat, 2 CS terdahulu tidak melakukan ini. dan Sore tadi pun saya sudah mendapat konfirmasi pemberhentian via email. harapan saya bulan esok tagihan layanan yang tidak saya gunakan itu tidak kembali masuk ke tagihan speedy saya.

sungguh saya bukan orang yang cermat. Mengetahui adanya tagihan aneh pun semata tulisan minus 19rb itu mencolok dan mengundang perhatian saya.

Tagihan Telepon

Masih di hari ini sementara CS tadi memproses permintaan penghentian layanan melon, saya melamun dan lama2 mata saya tertuju ke kertas bukti pembayaran telepon rumah yang baru beberapa menit sebelumnya saya bayar. Nah loh, kok ada tulisan “BIAYA TAGIHAN TETAP”. Padahal seingat saya, telepon rumah saya dalam kondisi paket normal.

Jadi begini, lama sekali mungkin tahun lalu ada petugas telkom menelepon saya menawarkan paket biaya tetap yang bebas abodemen itu. jadi misalnya biaya telpon rumah saya flat adalah 75rb per bulan. di dalam paketnya ada durasi menelepon lokal yg ditetapkan, kelebihannya ada hitungan lainnya. Namun setelah mencoba selama 2bulan saya merasa layanan ini tidak efisien dan tepat guna bagi kebutuhan keluarga saya.

Setiap bulannya saya tetap membayar 75rb yang dibebankan, ternyata penggunaan telepon lokal rumah saya minim. sisanya adalah panggilan ke telepon selular. dan itu saya bayar terpisah. jadi double dan gak tepat guna kan ya? Maka dari itu lalu saya minta alihkan kembali ke tarif normal saja.

daaaan hari ini, saya lihat ditagihan bulan ini kembali saya dikenakan paket biaya tetap. saya meminta dijelaskan sejak kapan saya didaftarkan ke paket ini. katanya sejak bulan juli, jadi terhitung 5 bulan saya membayar biaya tetap. Duh, gak teliti sekali saya, baru bulan ini ngeh.

Kembali saya jelaskan ke CS, bahwa saya pernah menggunakan paket ini namun merasa tidak tepat guna (cocok) saya kembali ke tarif awal. Beberapa bulan lalu memang ada yang kembali menawarkan paket tersebut, namun saya tolak dengan alasan pernah menggunakan namun tidak cocok.

Pertanyaannya, setiap kita ditawari sesuatu via sambungan telepon tidak serta merta dijadikan acuan bahwa kita menyetujui ikut serta akan suatu layanan kan? Jangan2 yang melon pun begitu. Tapi bagaimana bisa, kan saya jelas mengatakan tidak beserta alasan2nya. Saya jadi bingung.

Tapi saya tidak ingin mempermasalahkan, saya pun introspeksi saya sendiri tidak teliti memeriksa bukti2 pembayaran bulan2 terakhir. saya sering anggap sepele, selama angka yang harus dibayar masih wajar saya tidak akan mengeceknya secara detil. dodolnya saya…..

Sedikit merasa dirugikan, jadi selama bulan2 ke belakang jika memang benar 5 bulan saya sudah masuk ke paket biaya tetap jd saya rugi membayar sebagian tagihan yang tidak saya pakai. misalnya tagihan bulan ini, saya harus membayar seratus ribu lebih untuk tagihan telpon. Padahal setelah saya print, pemakaian telepon saya hanya 50rb sekian. jadi besar tagihan adalah membayar biaya tetap (telp lokal) yang tidak saya pakai maksimal dan sisanya adalah panggilan2 ke telepon seluler yang dibayar terpisah. huuuuu ruginya.

Jadi, teliti sebelum membayar apapun sekalipun besar dan nilai uang yang harus dibayarkan adalah angka yang wajar. dan ngomong2, merepotkan juga ya kalo kasus pindah paket atau ikut layanan tertentu itu berubah tanpa kita sadari. entah siapa yang paling keliru kalo begini, saya apa penyedia layanan.

6 thoughts on “Teliti Sebelum Membayar

  1. Dududuh..gw ge ga pnah ngecek euy..bayar telepon selalu pke atm..jd ga tau rinciannya..dan pembayaran ga pernah dibawah 200rb..pd hal tlp rumah banyaknya lokal..klo k hp ya pke hp-nya masing2..bln besok coba bayar ke telkom aaah..biar jelas ada rinciannya…tks obenk bwt pengalamannya..

  2. waaaahhhh…keganjalan di tagihan speedy dan telpon gw terjawab sekarang…thx sista infonya!!..
    btw..gw barusan unreg via web di website melonnya..tapi gw cek email gw g dpt email apa2 dari website melonnya..itu dah ke unreg blom ya??..atw harus membuat surat permohonan penyetopan layanan dlu ya??..

    • Laporan langsung ke plasa telkom setempat pak. Setau saya laporan gangguan itu cepat tindakan perbaikannya. Ada maksimal menunggu. kalo lewat kompensasinya bebas abodemen.. saya gak tau kalo sekarang. Tp biasanya gk lama.

Leave a Reply

