Lebaran Jadi Dua

wah lambat banget ya cerita tentang lebaran sekarang, sementara Syawal aja mau habis.Tapi saya tetep deh mau cerita tentang lebaran tahun ini yang sumpah jadi lebaran paling gak biasa🙂

Awalnya saya dan keluarga juga masyarakat sekitar saya berkeyakinan lebaran akan jatuh di hari Selasa, 30 Agustus sebagaimana tercantum di kalender. Sepanjang saya ingat memang kalender tidak pernah meleset, saya pasti akan berlebaran sesuai jadwal di kalender. Namun tahun ini ternyata tidak demikian, lebarannya mundur. bener2 luar biasa deh🙂

Hari Senin yang kami kira malam takbiran, mamah saya sudah masak besar. seperti biasa, malam buka puasa terakhir biasanya ketupat, rendang, opor dan segala hidangan lebaran sudah matang. Kami pun berbuka dengan hidangan lebaran sesuai rencana. Tapi tidak sesukacita biasanya karena harap-harap cemas menanti sidang isbat yang konon tersiar kabar lebaran akan bergeser ke hari lusa.

Menyimak sidang isbat sambil menunda terawih, akhirnya keluar putusan memang jatuh di hari Rabu. Mundurlah lebaran 1 hari. kejadian luar biasa yang belum pernah saya alami. Memang lebaran berbeda hari dengan beberapa saudara muslim lain sih udah biasa, tapi tidak dengan yang ini, Mundur.

Masakan sudah kepalang matang, rumah sudah kepalang dihias bunga2 segar, kami pasrah aja berkomitmen untuk ikut keputusan pemimpin. Malam itu sahur semua orang dengan menu “mewah” ala lebaran. hehe

Menurut saya, Selasa 30 Agustus 2011 jadi hari teraneh selama saya hidup. Rasanya seperti diantara 365 hari dalam satu tahun di kalender,mendadak diselipkan satu hari dimana kami gak punya agenda apapun. Gamang rasanya. aneh. dan ini baru sekali terjadi.

Hari ini saya dan keluarga kembali melanjutkan puasa kami. Sebagian muslim lain sudah berlebaran, sebagian lain belum berlebaran tetapi memutuskan tidak berpuasa. Seperti bangun di hari lebaran yang kami rencanakan, tetapi kami bersikap cuek tak peduli. tidak merayakan. aneh deh.

Menatap hidangan lebaran yang dihangat-hangatkan, pagi itu kami duduk bersama keluarga sambil bercanda tentang mundurnya lebaran. mamah saya bilang, ini malam takbiran (H-1) tersantai selama hidup. biasanya repot ini itu, ini hari yang tidak di agendakan. semua pekerjaan selesai dan tinggalah kami bengong2🙂

Iseng kami pun meluncur ke pasar, siapa tau ada yang jualan atau melihat-lihat ada apa di pasar setelah lebaran di undur. toko2 sudah tutup, tapi ada satu dua pedagang yang berjualan. Pengunjung pasar pun ada beberapa yang makin siang makin ramai. Supermarket juga penuh. penuh dengan orang2 gamang seperti kami yang bingung mau ngapain. hehe

Jadilah bertambah lagi jatah hari belanja kami. selai membeli beberapa buah2an lagi di pasar juga kembali membeli beberapa kebutuhan di supermarket. ah bener2 pengeluaran tak teragendakan.

akhirnya Rabu pagi kami berlebaran, bingung dan pasrah. pagi dimana hidangan lebaran harusnya melimpah hingga cukup untuk tetangga2 yg langganan bersantap hidangan di rumah setiap lebaran, hari itu hanya tersisa setengahnya. Untung mereka saling mengerti, ketika bersalaman ke rumah biasanya duduk bersama dulu makan hari itu tidak. hehe. Mungkin mengerti juga kalo masakan lebaran kami tinggal setengah.

Walaupun lebaran di undur, walaupun malam sebelumnya bahkan hingga lebaran lewat masih aja ramai diperbincangkan dan diperdebatkan, idul Fitri kami tetap idul Fitri biasa. Ketika takbir berkumandang, lebaran yang membingungkan itupun sirna. Sukacita malam lebaran dan hangatnya 1 Syawal pagi terasa sama saja. bersalaman, bersilaturahim seharian, pergi berziarah, makan bersama, semuanya sama.

Semoga tidak terjadi kembali lebaran seperti ini, atau tahun2 depan sebelum sidang isbat selesai kami gak akan kepedean dulu.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s