Di Penghujung Ramadhan

Bogor, 2 Ramadhan 1432 pukul 07.00

Hari ini sesungguhnya sudah ada teman – teman muslim lain yang berlebaran. namun karena saya memutuskan berlebaran esok hari, maka saya masih menghitung hari ini sebagai hari di bulan Ramadhan. Beberapa jam lalu baru saja saya selesai ber-sahur bersama keluarga.

Ramadhan tahun ini baru dipenghujung saya sempat mampir ke blog ini, entah kesibukan apa saja yang membuat rasanya sulit loh menuliskan sesuatu disini.

Tidak ada yang berubah banyak, Ramadhan datang maka seperti biasa saya berpuasa, dan melakukan ibadah – ibadah lainnya sebagaimana teman2 lain. Yang berbeda adalah tahun ini di rumah saya sudah ada anak kecil (keponakan) yang berusia 11 bulan. ikut menyemarakan Ramadhan kami. Karena kakak saya memiliki jam kerja lebih lama dibandingkan saya, maka membantu mamah saya pun ikut mengasuhnya.

Alhasil dari kondisi itu Ramadhan tahun ini terasa sibuk sekali dengan urusan rumah dan mengasuh. Absensi tarawih saya pun tahun ini jadi absensi terburuk karena bolongnya kebanyakan. Hal lain yang mencolok adalah saya hanya berbuka puasa di luar rumah sebanyak 3x, yaitu untuk arisan, undangan bos dipekerjaan dan terakhir bersama keluarga. 3x, biasanya sampai belasan kali.

Terik siang hari, 2 Ramadhan 1432 pukul 12.30

Ramadhan yang panas dan terik tahun ini, sebulan berpuasa rasa-rasanya turun hujan bisa saya hitung dengan jari. 1 kali ditengah ramadhan, hanya gerimis sejenak diantara berbuka dan teraweh lalu Sore tadi yang sempat saya kira malam takbiran. Beruntung aktifitas saya bulan ini tidak padat, namun terkadang ada keperluan – keperluan yang membuat saya harus pergi siang hari bolong. Panas dan teriknya jangan ditanya, sungguh menggoda dahaga yang merindukan air.

Hal yang berbeda lainnya adalah saya jauh lebih hemat Ramadhan ini. Karena dana untuk berbuka puasa di luar rumah terpangkas banyak seiring saya tidak pergi. Pulang mengajar yang cepat – cepat sampai membuat saya tidak punya waktu untuk membeli makanan ini itu.

Kini sudah sampai saya di penghujung Ramadhan. Walau ada beberapa hal yang terasa hilang Ramadhan kali ini seperti kebersamaan bersama teman – teman tapi suka cita selama Ramadhan tidak terkurangi sedikit pun. Berharap setelah Ramadhan diri ini jadi seseorang yang lebih baik, tidak terlalu banyak yang sia – sia dan Allah mengizinkan saya kembali mengecap ramadhan di waktu yang akan datang.

Bogor 29 Ramadhan 1432 pukul 08.00

Semoga ibadah selama bulan Ramadhan diridhoi oleh Allah SWT, semoga doa – doa yang dipanjatkan dijabah dan dikabulkan oleh Allah SWT. amin.

selamat tinggal ramadhan, kita jumpa kembali tahun depan. InsyaAllah

Leave a Reply

