AYO KITA EXPORT DATA & FOTO2 DARI FRIENdSTER

friendster

Akhir Bulan lalu atau tepatnya diawal bulan, di situs jejaring sosial sebelah (twitter) saya mendapatkan informasi cukup mengagetkan dari beberapa teman di timeline. Kabar yang beredar adalah Friendster (biasa kita singkat FS) akan dihapus, jadi sebelum tanggal 31 Mei tahun ini sebaiknya kita “menyelamatkan” file-file atau informasi-informasi yang ingin kita simpan dari jejaring yang beberapa tahun ini mulai kita tinggalkan (*lirik ke facebook). Saya pun menyempatkan mencari informasi walau sampai saat menulis ini gak 100% berani bilang mengerti sih🙂

Jadi konon akibat kerasnya persaingan akan sosial media belakangan ini, seperti kita ketahui kalo dulu kita rajin main-main di Friendster dan sekarang beralih ke Facebook bahkan twitter ceritanya Friendster ini mengalami penurunan eksistensi penggunanya. Entah bagaimana mulanya akhirnya saat ini kepemilikan Friendster sudah berpindah tangan ke sebuah perusahaan Internet asal Malaysia yang membeli Friendster puluhan juta dollar.

Kabarnya Friendster akan dipermak menjadi “friendster yang baru” dengan penyempurnaan ini itu. Dan menyertai perubahan yang akan disajikan ke khalayak tadi pihak friendster mengingatkan kita para penggunanya bahwa akan terjadi penghapusan data-data pengguna. Sejauh yang saya baca hanya profil dasar dan friend list yang akan dipertahankan. Jadi siap deh foto2 kita yang ada di FS sana, koment2 dari temen, testimoni, pesan-pesan bahkan Blog akan dihapus.

Sebenernya kemungkinan kehilangan Blog ini yang saya khawatirkan. Karena banyak banget postingan saya di Blog FS dulu. Perlu di ketahui Blog Friendster saya ini lah blog pertama saya, yang saya buat pertama kali dan jadi ajang tempat menulis segala rupa.

Tapi jangan terlalu khawatir, FSnya menyediakan aplikasi exporter untuk kita menyimpan dan menyelamatkan hal-hal yang ingin kita pertahankan. Silahkan aja mampir ke FS sana, klik sendiri di kotak exportnya nanti disana keterangan lebih lanjut tersedia.

Walau sebelum tau ada exporter ini, saya sih udah siap2 menyingsingkan lengan baju untuk mindah-mindahin foto dan testimoni sampe blog secara manual. Biarin dicicil setiap hari juga. walau gak kebanyang segimana capeknya pindahin blog kalo manual…

download profile

Nanti di apps exporter FS kita akan menemukan opsi untuk export profil, klik aja disana nanti FSnya langsung siap2 sendiri dan kasih informasi ke email kita kalo file-file yang kita minta udah siap di export. Maka nanti akan terdownload file dalam bentuk .zip. tinggal kita ekstrak di folder itu kita akan nemu profil kita, koment dan testimoni temen, primary photo, sampe pesan2 di inbox.

notifikasi via email

Disana juga kita dikasih opsi untuk meng-export foto2 yang kita punya di FS. Caranya adalah dengan mengirim foto2 kita ke layanan pihak ketiga seperti flickr dan multiply. saya pun memindahkan foto2 yang ada di FS ke flickr.

export photos

sama caranya, klik export dan kita akan diminta kasih izin ama flickr-nya untuk mengimport foto dr FS. Tunggu deh notifikasi dari emailnya. Nanti dikabari ke email kalo foto2 kita selesai dikirim ke flickr.

notifikasi via email

Terakhir adalah menyelamatkan blog. Saya belum selesai dengan blog ini. caranya sama, dari apps exporter di FS sana pilih opsi download blog.

export blog

Saya berbagi disini untuk mengingatkan temen – temen yang mungkin belum tau atau udah tau dan belum sempat menyimpan file-file yang sekiranya ingin disimpan. Kekurangan atau tambahan informasi lain nanti akan diupdate lagi ya kalo diperlukan.

Leave a Reply

