Password oh Password ….

password oh password

Password adalah semacam sandi atau kunci rahasia yang biasa digunakan oleh kita – kita saat mengakses sesuatu yang memerlukan password sebagai alat verifikasi bahwa kita lah orang yang berhak mengakses sesuatu yang dijaga keamanannya.

Password bagi kita yang biasa wara – wiri di dunia maya, para pengguna internet tentu saja bukan hal yang asing. Berapa banyak akun yang kita buat yang memerlukan password sebagai syarat saat akan mengakses. Sebutlah email, akun blog, facebook, twitter, bahkan keanggotaan kita di forum2 dunia maya. Berapa banyak akun yang kita miliki, berapa banyak kombinasi password yang kita miliki, maka sebanyak itulah yang kita perlu ingat.

Bukan hanya akun – akun di dunia maya aja sih yang memerlukan password. Ada pula sebagian orang yang memprotek penggunaan ponselnya dengan password, belum lagi PIN dari kartu – kartu bank yang kita gunakan, dan jangan lupa bahkan sandi untuk kunci2 loker. wah banyaklah dimana kita perlu menyediakan password yang harus kita kombinasikan juga kita ingat agar “dunia” ini kita anggap aman dan gk ada orang yang menerobos akses masuk ke area yang kita lindungi.

Password yang saya pakai mungkin tidak sebanyak pengguna dunia maya yang memiliki akun2 bejibun. Dari sebegitu banyak gak jarang kita pun mendadak lupa dengan password yang kita miliki. Bayangin berapa macam kombinasi password yang harus kita ingat, sedangkan untuk menyamakan password untuk seluruh akun yang kita punya pun konon bukan hal yang bijak. Belum lagi ada saran untuk mengganti password secara berkala agar terus aman. Ujung2nya jadi banyak lupa.

Saya sering begitu, terutama saat membuka akun – akun yang sudah lama sekali saya akses. Ditambah pula saar registrasi dulu saya asal buat aja. Jadi kok password saya saya kira gak ampuh – ampuh🙂. Gak jarang saya jadi minta tolong teman untuk mencari solusinya.

Untuk mengakses kartu – kartu bank pun begitu. password dan PIN saling bercampur saling mengaduk posisi terbaik di kerajaan memori yang terbatas. Berapa kali ATM kena blokir, atau saat akses internet banking pun PIN yang bertubi – tubi keamanannya itu kita lupakan.

Hari ini kembali kejadian. Saat aktivasi token bank sebagai alat bantu saya mengakses internet banking saya ke bank untuk mengambil token pesanan. Waktu diminta membuka situs bank tersebut dengan id saya, jreng jreng jreng saya lupa sampe 3x dan gk ada ide sedikit pun akan password yang tepat. Alhasil saya mereset id saya lalu aktivasi kembali di ATM depan bank untuk memperoleh password baru.

Padahal seminggu sebelumnya, saya pun lupa saat akan mengakses situs bank dimana saya membuka rekening. Apa tadi password yang saya tulis saat registrasi di ATM? lupa, jadi di reset dan saya pun kembali ke atm. Kesimpulannya kejadian di bank tadi adalah kejadian 2 kali dalam seminggu untuk urusan yang sama.

Jadi gak enak ama CSnya. Mungkin saya harus mulai merapihkan kembali password2 dan PIN yang saya pakai. Dari kemudahan diingatnya oleh saya, kekuatannya sehingga sulit di deteksi oleh orang gak bertanggung jawab terlebih merencanakan jadwal pembaharuan password dan PIN secara berkala.

Apakah daya ingat yang menurun ini berhubungan dengan faktor usia? ah saya masih muda kok… *gak terima dibilang pikun🙂

 

Foto saya pinjem dari http://sixooninele.blogspot.com

 

2 thoughts on “Password oh Password ….

Leave a Reply

