National Novel Writing Month – NaNoWriMo

NaNoWriMo

Malem ini saya mau cerita ah kalo saya ikutan di NaNoWriMo tahun 2010. Malam ini mungkin saya gak melanjutkan dulu posting lanjutan Lelaki Pantai Emas. Posting itu khusus saat mood jumpalitan aja.

Pagi tadi di twitter ada pertanyaan yang mungkin ada kandungan ajakan bahkan tantangan dari ambudaff ke saya dan beberapa teman apa berniat ikut berpartisipasi di kegiatan NaNoWriMo tahun ini.

Seinget saya saya pernah mengintip situsnya sebelum di ajak ambu tadi pagi. Cuma karena tidak terlalu ngerti ya saya skip aja gitu. Kemarin2 saya liat juga ambu menulis tweet tentang NaNoWriMo dan saya lebih jelas lagi setelah membaca apa itu NaNoWriMo di sumbernya langsung.

hmm, intinya sih kayaknya selama sebulan itu saya yang sepakat berpartisipasi akan di”tantang” untuk menulis sebuah novel selama sebulan dengan total kata yang ditargetkan adalah 50.000 kata.

Kerennya dimana? yah keren aja atuh kayaknya kalo kita nulis pake target kayak gini bersamaan dengan ratusan bahkan ribuan eh ratusan  ribu peserta yang mungkin ikut. Siapa aja yang berhasil mencapai target di akhir bulan, ya mereka semualah pemenangnya.

Kata ambu dalam blognya pemenang akan mendapat predikat sebagai “winner”. hmm siapa sih yang gk bangga kalo bisa jadi pemenang? Tapi ternyata ya, dari ratusan ribu peserta yang ikutan di tahun lalu hanya puluhan ribu aja yang jadi winner.

Loh, kok bangga sih jadi winner kok keroyokan? kalo dipikir – pikir sih ya kayaknya predikat pemenang disini bukan siapa yang terbaik melawan ratusan ribu “penulis” tadi. Tapi winner bagaimana kita2 ini disiplin dan konsisten untuk menyelesaikan tulisan yang kita targetkan. Jadi lawan terbesarnya adalah emang diri sendiri. Kemalasan, pemangkiran, semangat yang kembang kempis semua hal itu yang lebih sering bikin kita gagal dan berhenti dari tujuan yang ingin kita capai.

Sering banget emang ngekhayal kalo suatu hari saya punya buku atau novel dengan nama saya sendiri yang terpampang sebagai penulisnya. Namun ketidakkeyakinan diri kalo saya mampu, bisa punya kualitas menulis atau cerita yang original selalu bikin saya melempem.

Kemarin donny ngajakin ikutan di nulisbuku.com. itu ide brilian sebenernya kata saya. publish dan jual buku kita sendiri disana. Tapi dinilai ama orang adalah sumber ketakutan itu sendiri. Kapan – kapan deh ikut di nulisbuku.com. Mau nyoba dulu yang NaNoWriMo, konon kata ambu yang dinilai kuantitas buat kualitas. siapa yang berhasil menulis 50.000 maka menang. Horeeey (eh belum mulai udah berasa menang….ini bahaya :p )

Jadi bulan November nanti, dimulai dari tanggal 1 Nov sampe akhir bulan saya akan mulai menulis sesuatu. Mungkin sebulan ini saya akan mikirin apa yang mau saya tulis. Boleh gak ya LeLaki Pantai Emas saya pake disana? tapi udah keduluan nulis episode 4 disini🙂

ah gimana nanti aja bulan November, doain atuh ya saya bisa jadi salah satu pemenang. Siapa tau kalo berhasil menulis sesuatu saya bisa lebih percaya diri lagi menulis dan bisa dapet ilmu dari temen2 lain.

Kamu Manu ikutan? mampir dan liat2 deh kesini (www.nanowrimo.org). Gak ada salahnya ikutan looh🙂

5 thoughts on “National Novel Writing Month – NaNoWriMo

  1. Ikutkan aja Lelaki Pantai Emas. Kalau mau curang, kata-kata diitung dari awal, jadi berasa curi start XP Kalau mau jujur, LPE yg udah dipost jangan diitung. Yg diitung yg diketik mulai 1 Nopember😄

    Soal nulisbuku.com, kenapa enggak? Nopember buat nulis, Desember buat ngedit (makanya sering muncul istilah NaNoEdMo – National Novel Editing Month buat bulan Desember XPP) kalau udah beres, upload ke nulisbuku. Sekali anjing menggonggong, dua tiga kucing mengeong #eh XPP

    • hahahaha eta ambu peribahasa plesotan guk guk masih berlanjut?

      iya ya semalem juga kepikiran kanapa gk masuk nulisbuku.com setelah selesai NaNoWriMo? hmm ya disitulah masalahnya mbu, saya kekurangan ambisi *getok kepala sendiri

      lelaki pantai emas? hmm pengennya jujur artinya saya kudu lanjutin nanti tanggal 1 nov ya? wah siap2 pikir bikin yang lain aja deh.

Leave a Reply

