Susahnya Minum Obat

obat

eh, serius lu masih harus di tumbuk? begitu kira – kira pertanyaan Mira kawan SMA saya di telepon kemarin siang. Pembicaraan via Handphone yang dimulai sejak saya berpakaian di kamar , duduk manis di atas ojek dan akhirnya tiba di kelas dimana saya harus mengajar.

Yeah, ini mungkin sedikit memalukan. Saya sebesar ini, umur segini masih punya masalah dalam hal meminum obat. Baik itu obat kaplet, tablet hingga kapsul. semua sama rata. Dan saya lupa ini sejak kapan, yang saya tahu saat ini saya masih belum ahli meminum obat.

Seringkali obat – obat itu harus saya tumbuk terlebih dahulu hingga menjadi puyer, lalu saya campur dengan air dan ditenggak dilanjut minum banyak. repot? tentu saja, pahit? apalagi. Lama – lama lelah juga minum obat seperti ini, apalagi saya pernah trauma pahit ketika minum antibiotik ditumbuk🙂. sebuah jeruk pun tidak mampu menghilangkan rasa pahitnya malah jeruknya ikutan pahit.

Dulu, saat kuliah saya wajib minum pil kina yang imut untuk mencegah terkena malaria ketika harus “wisata” ke hutan mangrove. duh ileh temen2 udah sekali telan saya malah paling akhir. ditunggulin dan diliatin banyak temen malah makin nervous, serba salah.

Pernah terpikir untuk belajar minum obat, sesekali berhasil lancar tertelan namun yang tidak lancar lebih banyak. pernah saat minum tablet karena gugup seharusnya sudah masuk tenggorokan malah saya keluarkan lagi, panik malah saya kunyah😐 walhasil menumpuk di geraham saya dan harus dibersihkan dengan sikat gigi🙂

Pernah juga minum kapsul, katanya kapsul tuh mudah dan licin. tetep aja ya kalo gugup sih saya malah menempel di pintu tenggorokan. Jadinya sampai sekarang sesekali saya masih harus ditumbuk. bisa juga sih sambil latihan minum langsung. Namun syaratnya banyak, tidak gugup, gak diliatin, gak diajak ngomong, konsentrasi sejenak saat minum obat dan obat apapun bisa lancar tertelan. Namun seringnya gak mau repot dan langsung tumbuk seperti saat ini saya harus minum obat karena sakit.

Ini bukan kelemahan saya sendiri, teman saya Mira yang tadi menelepon pun punya kisah yang sama, teman saya yang satu lagi bernama Teni pun sama. Kami sempat pernah bergurau sekolah aja tinggi – tinggi, IPK bagus2 kalo bicara suka pada gak mau kalah eh sama2 takut minum obat :)). Katanya sih kedua temen yang tadi sudah mulai belajar minum obat namun syaratnya sama gak dibuat gugup dan dibiarkan konsentrasi dengan tidak diajak bicara atau didekati biar konsen menelan🙂

sepertinya hal ini juga terjadi pada banyak orang deh, bukan kami bertiga saja. Kadang takjub melihat orang bisa minum obat dengan lancar. Bahkan dosen saya bisa langsung 4 dengan obat berbagai bentuk. Ada lagi yang hebat, minum dulu lalu obatnya belakangan ditelan bulat2. jagoan sekali…

Manusia umumnya ingin selalu sehat, namun acapkali kita dihadapkan dengan kondisi sakit yang mengharuskan minum obat. Makanya jika sakit saya tidak terlalu menyakitkan saya selalu membiasakan menyembuhkannya dengan istirahat dan makan banyak. Katika amat mengganggu baru akhirnya minum obat dengan berat hati atau ke dokter sambil mengemis minta obat dengan ukuran2 kecil🙂

Sehat itu indah, makanya mari kita jaga kesehatan karena minum obat itu pahit🙂

6 thoughts on “Susahnya Minum Obat

  1. *satu lagi rahasia gw terbongkar di sini..wkwkwkw…

    yub, di buat puyer atau buka kemasan kapsul akhirnya jadi solusi saat usaha gw gagal setelah udah konsentrasi n berusaha keras nelen obat..hiks

    tp gw pnah sengsara buw, saat ada obat yang ga boleh di puyer/di buka kapsulnya..karena..kata dokter gw, obat yang gw konsumsi itu ga boleh pecah di lambung soalnya bisa bikin asam lambung tambah banyak..akhirnya diajarin bapak mertua gw deh minum obat pk pisang..tp..tetep..ga berhasil..wkwkwkwkwkw…. //akhirnya gw sakit jg lambungnya saat itu//

    heraaan..gede ajah ni badan gw, ama obat ajah takut😀

Leave a Reply

