ES Krim Mas Doto (Sukasari Bogor)

es krim Mas Doto

Awal minggu ini saya nonton ceriwis di rumah ketika saya iseng-iseng di depan TV. Ceriwis hari itu menceritakan si Papam dan si Panda menjemput Ruben Onsu ke rumahnya yang ternyata berada di Bogor (jiah baru tau rumahnya Ruben itu di Bogor… ). Nah acara ceriwis itu akhirnya jadi acara kuliner mereka bertiga. Mereka makan soto santen di warung tenda depan Mesjid Raya, makan surabi yang di jalan sukasari, dan makan es krim jalanan yang entah dimana itu lokasinya, saya belum pernah makan.

Nah es krim yang di makan tim ceriwis itulah yang menggugah air liur mengalir sampe dagu *hiyaks🙂. Saya lihat es krim di sajikan dalam balutan roti (suka banget emang ama es krim pake roti). trus dibalut oleh kertas coklat yang biasa dipake nyampul buku. kertas sampul coklat itu bikin es krim disajikan tampak klasik. berasa di zaman dulu.

Sesaat setelah saya menontonnya di televisi, berhubung saya pun tinggal di Kota Bogor saya menuliskan keingintahuan saya tentang dimana letak tukang es krim ini di jejaring sosial twitter dan facebook. Dan sesuai sifat jejaring sosial itu maka tidak lama saya sudah mendapatkan informasi dari beberapa orang teman.

berburu es krim

maka setelah beberapa hari menunda karena pekerjaan tidak memungkinkan saya leluasa pergi jalan2, akhirnya kemarin saya pergi juga menyambangi es krim mas doto itu. Perburuan es krim ini menjadi seru dan penuh letih karena kebetulan hari itu teman saya tidak membawa kendaraan seperti biasanya. Jadi berputar-putar salah naik angkot karena ngobrol terus, beli rujak di tengah jalan, sampe pipis dulu di mesjid yang kita lewati karena temen saya Wiwi amat kebelet🙂. Panas, terik dan ketika tiba di tempat es nikmat rasanya🙂

es krim duren + roti

Es krim Mas Doto ini berlokasi di jalan Sukasari 1. Jika mengikuti angkutan umum 02 arah sukasari, pas pasar sukasari ada belokan ke kiri. Bisa jalan kaki seperti kami kemarin. walau agak jauh namun masih masuk akal kok jaraknya. Ada juga kok angkot no. 11 yang lewat.

Jika ingin lebih dekat bisa melalui jalan pajajaran. ada belokan ke kiri jika kendaraan kita melaju dari plasa ekalokasari menuju jalan Pajajaran. Jalan sedikit, es krim mas Doto ada di dekat bengkel. Tepat disisi jalan, di depan sebuah gang kecil.

Harga es krim

Harga es krim ini cukup terjangkau. untuk es krim duren yang saya dan temen saya Juwita  makan atau temen saya Wiwi yang makan es krim rasa coklat kami cukup membayar masing2 4000 rupiah, untuk di gelas 5000 rupiah. Lebih mahalan biaya transportasi naik beberapa kali angkot untuk ke tempat itu. Dan ada juga ternyata harga paket literan. Sayang saya tidak berencana pulang cepat sehingga tidak memungkinkan saya membeli untuk orang rumah.

Wiwi teman saya berujar bahwa es krim mas doto sudah ada sejak dia Taman Kanak-kanak. Usaha yang beromset lumayan setiap harinya ini sekarang dilanjutkan oleh penerusnya. Ketika saya disana pun tidak lama banyak pengedara mobil dan motor yang berhenti dan menikmati es krim ini. Tidak heran jika hari biasa saja seperti itu, maka saya percaya ketika penjualnya mengatakan omset di akhir pekan bisa berlipat ganda.

Juwita & Wiwi

inilah Juwita dan Wiwi yang setia saling menemani ketika ingin berburu makanan baru. pulang dari makan es krim mas Doto ini lidah saya bilang, uniknya es krim ini hanya karena klasik. sedang es krim duren yang lebih enak mungkin lebih banyak. tapi tidak ada salahnya mencoba, toh selera setiap orang kan berbeda.

terimakasih juwi, yang sudah membayar es krim yang kita makan kemaren dari uang honor yang baru di dapatnya :))

6 thoughts on “ES Krim Mas Doto (Sukasari Bogor)

  1. sluruuuuuup nyam…nyam..nyeeesss..

    tu tukang jualan es krim awet yah benk? dari jaman gw sd udah jualan di situ, ampe sekarang masih juga jualan di situ…

Leave a Reply

