Main Catur

catur

Kata wikipedia, Catur adalah permainan mental yang dimainkan oleh dua orang atau lebih. Terdapat dua macam bidak yang terdapat dalam permainan itu. Yaitu bidak berwarna hitam dan warna putih. Selama permainan, bidang dua warna ini dimainkan secara bergantian hingga akhirnya permainan selesai.

Bapak saya seperti lelaki kebanyakan juga ternyata menyukai permainan ini. Saya baru mengetahuinya belakangan ini karena memang sejak sakit beberapa tahun kebelakang ayah saya jadi jauh lebaih banyak waktu di rumah. Dan bermain catur dengan teman – teman sekitar rumah beliau jadikan pengisi waktu dan hiburan. Jika bukan beliau yang berkunjung ke rumah tetangga, para bapak2 itu lah yang main ke rumah. Belakangan ini bahkan hingga larut malam banget.

Hari kemarin ketika saya di depan komputer bapak saya datang menghampiri. Katanya beliau mau ada game catur di komputer rumah, mau main lawan komputer katanya seperti temen2 yg lain. Mungkin semacam latihan sebelum bertemu lawan sesungguhnya di rumah🙂

Saya cari itu link untuk mendowload game catur. Namun kok sulit banget , maklum saya emang gk terlalu jago urusan ngubek2 hal seperti ini di dunia maya. Saya pun meminta bantuan teman saya Hevi untuk bantu cari. Ini mengingat teman saya ini bekerja di depan komputer seharian pasti bisa cariin karena saya tau ia orang yang gigih (keukeuh) kalo cari sesuatu. sementara saya pergi ke mall🙂

Malam sekembalinya saya dari mall maka link download itu pun saya dapatkan dari teman saya tadi. saya pun membukanya dan meminta bapak saya mencobanya dengan mengalah jadi online via handphone. Belum lama berselang bapak saya sudah ngedumel. Katanya gamenya terlalu gampang, belum lagi komputernya melawannya lama. Jadi bapak saya yang lama menanti gerakan lawan. haduh bingung saya.. maunya apa🙂

Teman saya tadi pun menyarankan untuk coba game yang online aja. Sepertinya disana bisa bermain dengan orang2 lain di belahan dunia sana dan realtime alias live. maka saya pun kembali mengkudeta komputer dan mencoba membuka http://www.chess.com.

Saya mendaftar disana dengan id saya dan mengajak seseorang main yang ternyata seseorang yang berasal dari Rumania. setelah saya mainnya 1 bidak dan mendapat aksi jawab dari seberang sana saya serahkan permainan ke bapak saya. Lebih baik dari sebelumnya karema gerakan lawan sama cepatnya. Mungkin karena yang main sama2 manusia. Maka dalam waktu yang tidak lama pun barisan2 bidak itu sudah berantakan dan saya tidak mengerti.

Saya pun kembali online di kamar dengan menggunakan handpon. Namun belum setengah jam bapak saya sudah memanggil mengeluh bahwa bidaknya tidak bisa bergerak sesuai yang beliau inginkan. Karena saya pun gk faham saya cari tombol tanda ingin mengakhiri permainan. Namun lawan di sebrang sana bereaksi dengan mengajak chat. ia bertanya mengapa saya ingin mengakhiri permainan, padahal pihak saya masih bisa mencaplok ratu dia yang sudah tidak ada pelindungnya. Saya pun menjelaskan kesulitan bapak saya yang tidak bisa menggerakan bidaknya. Dan dia menyarankan saya memencet CTRL + F5. sepertinya itu untuk merefresh gamenya. dan benar…bahkan saya sendiri yang menggerakan bidak bapak saya, mencaplok sang ratu.

Melihat permainan ini jadi mengharuskan saya berkomunikasi dengan seorang pria di Rumania sana dengan menggunakan bahasa inggris, bapak saya pun minta untuk di close aja karena merasa repot kalo harus bicara dalam  bahasa inggris. hehehe, dan memang ia akan kesulitan chat sekalipun dalam bahasa indonesia karena kecilnya tulisan yang tampak.

hihi aduh saya hari kemarin jadi dipusingkan dengan catur. Dan betul saja resiko yang diingatkan oleh teman saya tadi bahwa jika permainan itu sudah ada di komputer dan ditunjukan kepada Bapak maka saya harus siap berbagi komputer. Pecatur jika sudah keasikan siapa yang mau diganggu. hehe dengan berbekal bahwa bapak saya orangnya bukan pemaksa saya ambil resiko itu. dan benar saja, saat ini pun ia sudah bertanya berapa kali kapan saya keluar rumah :))

*saya belum pernah main game secara online, dan gara2 kemarin jadi terpikir untuk cari permainan yang bisa dimainkan bersama dengan teman dibelahan manapun🙂 hm….

2 thoughts on “Main Catur

Leave a Reply

