Cara Saya Mencuci Piring

cuci piring

Hari ini di rumah saya ada acara. Dari makan siang tadi tidak henti2nya keluarga dan tamu menggunakan piring, gelas, sendok garpu dan peralatan makan lainnya.

Harusnya sih ada yang bantuin tadi siang, namun karena orang yang seharusnya handle baian mencuci sakit saya pun turun ke dapur membantu mencuci piring. Begitu juga barusan ketika seluruh keluarga sudah terlelap lelah saya pun membersihkan semua sisa2 dari acara tadi. Gk nikmat rasanya tidur jika rumah masih dalam keadaan berantakan.

Setiap orang tentu saja ada caranya sendiri membersihkan peralatan makan. Apa yang kamu lakukan jika begitu banyak peralatan makan menumpuk seperti gunung di dapur lengkap dengan sisa makanannya?

Kalo saya, saya akan mengumpulkan terlebih dahulu barang – barang yang kotor tersebut. saya akan membersihkan semua sisa makanannya terlebih dahulu ke tempat sampah. Sehingga piring2 itu akan bersih dari sisa makanan atau mungkin bersisa bumbu – bumbu yang melekat saja.

Biasanya saya akan menyalakan kran air, lalu mengucurkan air ke piring2 kotor tersebut hingga kotorannya luruh. Begitu pula dengan sendok garpu dan gelas, akan saya bersihkan dengan air terlebih dahulu. Lalu mengelompokannya terlebih dahulu. Piring dengan piring, gelas dengan gelas, sendok garpu ya dengan sendok garpu.

Bak cucian piring akan tampak sedikit kotor. Saya biasanya membersihkannya kembali. Membuang sampah makanan yang mungkin masih terbawa di sana. setelah bak cucian piring bersih saya akan mulai membersihkan peralatan makan itu dengan sabun pencuci, semuanya.

Barulah saya akan membilasnya hingga bersih lalu menumpuknya di suatu wadah per jenis. Piring dengan piring begitu pula peralatan yang lain.

Mungkin ada atau bahkan banyak yang mencuci piring seperti saya. Namun tidak sedikit pula yang berbeda. Saya selalu bergaya seperti itu. DIkarenakan dengan gaya seperti itu sambil mencuci kita sekaligus membersihkan dapurnya. Orang lain ada yang masih mencuci sampahnya hingga banyak menyumbat bak. Menurut saya sih lebih baik selesaikan terlebih dahulu sisa makanannya di tempat lain, baru mencuci.

Langkah seseorang dalam mengerjakan sesuatu memang terkadang berbeda. Perbedaan langkah dan gaya ini kadang bisa menimbulkan ketidaknyamanan saat bekerja sama. Dalam mencuci piring hasilnya tentu saja sama yaitu kebersihan peralatan. Namun pada prosesnya akan tampak jauh berbeda. ada yang dalam perjalanannya tampak terlihat kotor dan berantakan namun ada pula yang tampak nyaman dan bersih selama mengerjakan.

hehe entah kenapa tengah malam ingin menuangkan kisah mencuci piring saya di blog. Cuma mau menyampaikan jika mungkin saja cara saya dan orang lain bahkan orang lain yang masih serumah bisa saja berbeda.

One thought on “Cara Saya Mencuci Piring

  1. Hahaha..
    Udahlama mau ngomen, tapi ga punya pulsa.
    Bagus bagus.
    Terkadang saya malah ingin semua orang rumah mengerti jika setiap selesai makan, sisa2 makanan harus dibuang dulu ke tempat sampah sebelum menyimpan di bak cuci.
    Lebih bagus lagi kalo masing2 nyuci sendiri, jadi ga numpuk dan ngerjain orang lain.
    Cara sy nyuci piring..hmm..ya gitu lah.
    Nu jelas digosok pake sabun, bilas deh.
    Simpen di tempat yg udah disediakan buat piring2 basah yg baru dicuci

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s