Hey Penumpang Angkot (Bogor)

warning

saya ini konsumen setia jasa angkutan umum di Bogor. Kemana – mana seringnya pake angkot. Kota Bogor memang hampir mirip kota angkot. Jangan2 hanya disini aja angkutan umum yang sedemikian berserakan. Tiap detik menit pasti ada yg lewat. warna angkutan yang hijau jadi seperti warna kota Bogor. sepenjuru kota penuh dengan warna ini.

Macet mungkin sudah menjadi masalah perkotaan. Ada petugas lalu lintas yang ikut mangatur dan menerapkan peraturan lalu lintas yang mengikat penggunanya.

Penggunaan angkutan umum di kota Bogor relatif nyaman. angkutan banyak, jarang disedek2in sampe penuh, dan pengemudi setia menanti penumpang walau masih berjalan jauh🙂

ini beberapa hal yang ingin saya sampaikan. Mungkin tips, mungkin peringatan, mungkin juga saran yang terutama untuk mengingatkan saya sendiri, sukur – sukur kalo manfaat untuk menyadarkan penumpang yang lain.

1. Pilihlah roman wajah si pengemudi. pengemudi masih muda dan labil kadang ngebut2an di jalan. hindari yang seperti ini.

2. Jangan menyetop angkot yang sedang melaju di jalur kanan. Pengemudi suka main potong jalur kiri secara mendadak aja. kasian kalo ada kecelakaan.

3. Kalo ada angkot yang nungguin kamu jalan, PLEASE jawab walau dari kejauhan apa kamu mau naik apa tidak. Kasihan penumpang yang lain harus nunggu kalo sia2. (masih banyak gk gk suka jawab pas ditungguin taunya gk naik)

4.Naiklah ke dalam angkot, jangan lupa bilang permisi. Pegang baju bagian depan kalo sekiranya bisa bisa menonjolkan belahan dada

5. Jangan pake minyak wangi menyengat kalo naik angkutan umum. Huek kasian nanti bikin muntah orang.

6. Duduklah yang manis, jangan nyerong kalo penuh. jangan selonjor kalo bikin sempit.

7. Jangan suka ngobrol terlalu keras, berisik tau. apalagi kalo garing obrolannya. kalo asik dan lucu sih mungkin yang lain terhibur.

8. jangan biasain liatin orang dalam angkot dari ujung kaki hingga ujung kepala. gk sopan, kalo ketangkap mata juga malu

9. jaga tas dan dompet juga perhiasan berharga sendiri2

10. kalo ada yang mencurigakan, misal rombongan copet yang sedek2in duduk, pura2 muntah segeralah berhenti dan turun dari angkot itu. tapi ingat pilihlah tempat ramai untuk turun

11. Untuk para lelaki khususnya, siapkan pecahan uang pas jika ada untuk membayar angkot. kebanyakan laki2 merogoh saku ketika setelah turun. itupun uangnya dalam dompet, dompetnya ada di kantong belakang, kantongnya dikancingin *lempar pake jok🙂. kasian penumpang lain yang mungkin buru2

12. Jika uang pecahan kamu besar, menghindari lamanya transaksi kembalian ditempat pemberhentian cobalah serahkan uang ketika macet di lampu merah. jadi saat bilang stop kita tinggal turun. tidak lama untuk penumpang lain dan tidak beresiko untuk pengemudi di tilang polisi karena bikin macet

13. Jika angkot yang dinaiki ngebut dan di jalur kanan, bilanglah stop dari jauh secara perlahan. ini menghindari pengemudi tersontak kaget lalu berhenti mendadak dan memotong jalur kiri. ini bahaya.

14. Jika angkot berhenti agak terlalu tengah baik ketika mau naik atau turun,kasih tanda pengemudi untuk meminggirkannya. Dengan begitu kita juga mengajak pengemudi untuk tidak memacetkan jalan.

15. Jika akan naik angkot di belokan, sekiranya tidak memacetkan naiklah dengan cepat. jangan suka sok imut jalan dan naik sambil kemayu dan gumelis. takut menghalangi. kalo bikin macet kasih tanda untuk maju agak depanan lalu naiklah di tempat yg lebih baik

16. kalo sekiranya cara pengemudi menyetir membahayakan, bergantilah ke angkot lain. turun dengan cara yang aman.

17. Jika menemukan indikasi akan balapan dengan angkot lain, ingatkan. kita berhak kok ingetin. dia juga kan wajib jaga keselamatan kita

18. Jika turun dari angkot perhatikan jalur kiri, jangan dikira…. motor bisa muncul tiba2 dan membahayakan kita

19. bayarlah dengan layak. jangan terlalu pelit dan perhitungan.

20. ucapkan terimakasih dan bilang sampai jumpa lagi pada supir

hahahahahahaha, tidur ah. daripada meracau gk jelas

8 thoughts on “Hey Penumpang Angkot (Bogor)

  1. Point ke3 pernah gwe alami,ahirnya gwe yg ngomong ke calon penumpang ga naik itu “blg atuh mun moal naek mah!!” Tp yg diomongin gitu malah senyum ngeyel!!

  2. wkwkwkwk… biasanya kalo gw naek angkot kebetulan supirnya ga bertawakal (alias ngetem mulu) gw paling mendelik sewot sama sopirnya dengan tatapan “PLEASE DEH!” :p

    • gue sih sebelum naik suka sepakati dulu. kalo lagi rese biasanya gue turun lagi pernah bilang “maaf pak saya mah buru2. saya ganti aja biar bapak ngetemnya tenang”

  3. Tambahan:
    kalo naik angkot teh geser2 dong.
    Jangan merasa udah posisi enak, ga peduli orang cuma duduk nempel setengah.

    Kemaren gw naek angkot yg supirnya nyebelin.
    Udah ngebut, pas ada yg turun, kembaliannya kurang.
    Sambil ngasih uang kembalian, si supir bilang gini, “ga ada receh,maaf” trus lgsg pergi!
    Teu sopan!

  4. tambahan…apalagi angkot yg di daerah pinggiran, kadang udah penuh dan ada yg nangkel siga lutung, tetep aja dengan pede, si supir maksain tambah penumpang lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s