This day is My Birthday

happy birthday🙂

Hari ini adalah hari ulang tahun saya. Entah mengapa tidak seperti biasanya, tahun ini agak gugup untuk melewati usia yang sekarang. Biasanya saya selalu senang dan riang gembira ketika mendekati hari ulang tahun. Hari dimana banyak sekali sms dan telp masuk untuk mengucapkan selamat ulang tahun. Senang karena banyak teman yang pada hari itu ikut bahagia dan ceria seakan mereka lagi dan lagi merasa senang karena saya telah lahir.

Itu semua perasaan ketika ulang tahun di masa – masa remaja dulu. Saya masih ingat kala ulang tahun di masa SD pulang sekolah di rumah sudah ada kue tart yang masih berada di dalam kardus. Pemberian bapak saya. Sorenya saya akan mengajak beberapa teman main saya sekitar ya.. 8 orang lah untuk makan kue itu bersama. Tidak lupa mama saya menambahkan berbagi cemilan kue -kue dan permen.

Saya lupa apa pernah ulang tahun saya dirayakan. Seingat saya, saya merayakan ulang tahun saya hanya ketika saya berusia 17 tahun. Kala itu saat saya masih duduk di bangku SMU kelas 2-8 saya mengundang banyak sekali teman – teman SMA. Tidak terlalu heboh dan besar – besaran. hanya makan sederhana di rumah. Teman2 yang kala itu hadir pasti inget. Saya masih ada fotonya, saya yang  berambut panjang dengan wajah polos tak bermake up.

Sisanya biasanya hanya dihabiskan dengan teman2 saya aja.

Gak terasa ya, saya sudah mencapai usia ini. usia yang amat matang. Sudah lebih dari seperempat abad ternyata saya hidup di dunia ini.

Berulang tahun artinya saya diingatkan untuk bersyukur atas semua kesempatan hidup di dunia ini hingga hari ini. Berulang tahun artinya saya diingatkan semakin sedikit umur yang tersisa yang ditentukan Allah Sang Maha Pencipta untuk saya hidup di dunia. Semoga masih berlimpah hidayah juga kesadaran bagi saya untuk banyak memperbaiki diri dari hari ke hari.

Saya menyukuri banyak hal yang telah saya dapatkan selama ini. Saya menyukuri saya lahir dari orang tua yang menyayangi saya. Saya menyukuri saya bagian dari keluarga besar saya yang unik. Saya menyukuri saya berdarah dan bersuku Sunda. Saya bersukur saya adalah warga negara Indonesia, terlebih saya bersyukur karena lahir sebagai seorang muslim:)

Banyak yang harus saya sukuri. Saya bersyukur memiliki masa kanak2 yang indah, ceria dan dibebaskan bergaul dan bermain baik di dalam rumah maupun di ruang terbuka. Saya bersyukur disekolahkan hingga sarjana. Saya juga bersyukur saya punya banyak sekali teman. Saya bersyukur masih banyak orang2 di masa lalu yang masih ingat saya walau sudah lama tak jumpa. Saya bersyukur punya sahabat2 yang menerima saya apa adanya. Saya bersyukur punya rezeki temen2 yang super asik dan santai.

Saya juga bersyukur menjadi seseorang yang selalu diberi kesempatan untuk belajar tentang kehidupan. Saya bersyukur dicukupkan selama hidup. Saya bersyukur untuk banyak hal. Rasanya sulit saya ucapkan semuanya.

Semoga umur dan hidup saya selama ini sedikit banyak ada manfaatnya. Semoga umur dan hidup saya selama ini membawa keberkahan terutama untuk  hidup saya ke depan.

Setelah tidak lupa bersyukur, sebagai manusia yang hidup tentu saja saya masih memiliki harapan. Saya berharap saya bisa komit untuk menjaga kesehatan diri saya mulai dari sekarang. Saya berharap saya bisa mentertiban diri terhadap segala kewajiban saya. Baik antar sesama manusia maupun dengan Sang Pencipta.

Saya gugup dengan ulang tahun kali ini mungkin saya mendadak merasa sudah amat dewasa. Tua sih belum, namun entah mengapa banyak sekali kekhawatiran saya. Saya merasa dunia amat cepat saya lalui. saya mendadak merasa waktu saya semakin sempit. Saya pun merasa takut jangan2 banyak sekali hal dan kesempatan di dunia ini yang telah saya lewatkan dan sia2kan. Kecemasan2 itu kadang saya obati dengan melihat teman2 lain yang usianya di atas saya. Saya pelajari bagaimana mereka nyaman dengan diri mereka, dengan usia mereka.

Belum kepala 3 pun saya merasa takut dengan sebutan tua. Padahal bukan usia yang membuat kita tua saya rasa. Namun pikiran dan kecemasan juga gaya yang akan membuat kita menjadi merasa tua.

Ada lagu yang selalu terngiang2 selama menuju hari ulang tahun saya ini selama seminggu. Sebuah lagu lama yang setiap hari saya dendangkan perlahan.

Forever young, i want to be forever young
Do you really want to live forever, forever forever
Forever young, i want to be forever young
Do you really want to live forever
Forever young

sebagian lirik itu menggambarkan keinginan saya. Namun jika saya kembali mengingat-ingat film2  yang menghadirkan peran seseorang yang hidup abadi, saya akan ingat keadaan itu akan tidak menyenangkan. Semua manusia tua dan mati namun yang hidup abadi akan mengalami banyak kehilangan dan ditinggalkan.
Mungkin saya koreksi saja. Saya ingin hidup normal. Mau berapapun usia saya, mau berapa banyak pun anak saya nanti, sebanyak apapun keriput dan ciri2 tua nanti. Saya berharap jiwa sayalah yang selalu muda. Bergairah penuh mimpi jalanin hidup dari hari ke hari. Semangat menghadapi masa depan. Selalu merasa muda dan kuat untuk jalanin hari2. selalu merasa cukup muda untuk bahagia dan berharap. Ceria dan bahagia selayaknya manusia muda. Dan sehat selalu selayaknya kesehatan anak muda yang kuat.
Bersyukur akan hal yang sudah di dapat, belajar dari banyak kejadian yang pernah terjadi, dan berharap akan banyak hal yang belum teraih.
Selamat ulang tahun ya, Diriku🙂

2 thoughts on “This day is My Birthday

  1. Hei..
    Wilujeng tepang taun..
    Semoga lebih sukses segalanya.
    Dikasih yg terbaik.
    Lebih bijak.
    Lebih awal tidurnya.
    Lebih disayang sama semuanya..karna 1 1 aku sayang ibu..
    2 2 aku sayang ayah
    3 3 sayang adik kaka.
    1 2 3 sayang semuanya..

Leave a Reply

