Bibimbab – Korean Food

tiara mengaduk bibimbab

Hari Minggu kemarin saya bersama teman – teman saya di Bogor Korean Culture Community (BKCC) mengadakan gathering dimana memasak menu korea menjadi acaranya.

Bibimbab menjadi salah satu menu yang kami masak.

Bibimbab adalah sebutan untuk nasi campur. Dimana menu ini terdiri dari nasi putih yang di atasnya ditambahkan beberapa sayuran, daging, telur dan semacam bumbu cabe yang disebut Gochu Jang. Untuk memakannya, semua nasi dan pelengkapnya diaduk menjadi satu.

Pernah menonton drama full house? ingat adegan lee young Jae yang menghina Han Ji Eun yang suatu malam memakan nasi yang di aduk2 dengan semua sayuran yang ada di meja makan. Young Jae bilang bagai makan pakan ayam, namun dilain kesempatan disaat ia lapar yang diperankan oleh Rain ini pun membuat menu yang sama ketika Han Ji Eun tiada di rumah. Dan memuntahkannya ketika terpergok sedang makan ketika Ji Eun pulang. Nah Bibimbab lah yang mereka makan. Dan kami mencobanya kemarin.

macam2 bahan

Bibimbab kami dimulai dengan menyediakan nasi putih yang akan dimakan oleh hampir 25 anggota BKCC yang hari itu berkesempatan hadir. Ada pula daging cingcang campur bawang bombai. Sayuran yang disediakan adalah rebusan wortel, sayur bayam, sawi putih,acar mentimun, jamur dan tak lupa adalah Gochu Jang.

Gochujang adalah pasta cabe untuk masakan korea yang bahan utamanya adalah koji, beras ketan dan bubuk cabai yang difermentasi. Secara tradisional, fermentasi gochujang dilakukan di halaman rumah di dalam tempayan tembikar berukuran besar. Tempat diletakkan di alas dari susunan batu yang disebut Jangdokdae (wikipedia)

inget gentong bumbu di halaman mendadak inget jang geum ya? si koki istana🙂

Setelah semua bahan siap disajikan, bibimbab kami buat di sebuah mangkuk stainless dengan memasukan semua bahan secukupnya lalu mengaduk menggunakan tangan (bersarung tangan tentunya). Lalu bergantian kami memakan dan membuatnya kembali lagi dan lagi hingga semua bahan yang kami sediakan habis.

Semua anggota antusias untuk mencobanya. saya pun tak kalah ingin tahu. Seperti apa sih rasanya (sambil bayangin makan di meja makan di rumah full house bareng Ji Eun dan Young Jae, hi3)

Hm..saya agak terganggu dengan bumbu cabenya. Rasanya tidak sesuai dengan selera lidah saya. Ketika memakannya pun saya mendadak merindukan nasi padang khas negara kita . Mungkin hanya merasa kaget saja dan tidak terbiasa. Sayang sekali jika tidak suka, mengingat bumbu cabe ini bumbu khas yang mungkin banyak menu korea menggunakannya.

Rasanya agak pedas namun tetap ada rasa manisnya. Kami tidak menambahkan telur mentah ke dalam campuran (alhamdulillah). Konon di korea sana ada yang menambahkan telur ke dalam campuran nasi. Tapi ketika saya tadi googling, telur ditambahkan ketika bibimbab dibuat di sebuah mangkuk batu panas. dan pastinya telur akan matang di tempat.

Semua bahan sih biasa ya, saya hanya terganggu dengan rasa bumbu cabenya saja. sehingga saya hanya mencicipinya sedikit, tidak terlalu banyak. itu pun disuapi oleh wiwi si petinggi BKCC sang pemasak utama yang sudah beberapa bulan ini mengajari para anggota BKCC bahasa korea.

Namun teman – teman yang lain banyak pula yang tambah dan ada yang membungkusnya pulang.

Saya senang bisa mencicipi menu ini hari kemarin. Ingin mencoba kan belum tentu harus suka ya? setidaknya saya tau apa yang dimakan oleh Han Ji Eun dan Young Jae🙂.

Mencicipi bibimbab membuat saya bersyukur dengan semua jenis makanan ala indonesia. Walaupun kemungkinan besar saya suka karena terbiasa, namun saya sadar betapa saya suka makanan negara saya ini. Terbayang dengan bumbu rendang, terbanyak dengan tumis jamur dan tumis toge, terbanyak makan nasi padang dengan lalapan serta bumbu ayam gulai. sluurp.

ya pokoknya, terimakasih kepada wiwi yang udah kasih kesempatan kami para anggota BKCC untuk tidak hanya sekedar mencicipi namun bahkan dengan membuatnya sendiri.

4 thoughts on “Bibimbab – Korean Food

  1. Huhu..
    Gw suka drama korea.
    Tapi gak se freak elu..
    Secara gw mah jarang menggauli televisi.
    Dvd?
    Ah gw males berburu.
    Masakan?
    Gw gak tau.
    Gila lu ya freak bgt sama korea.

  2. Apa lagi dari sekarang ini cewek cewek atau cowok cowok lagi pada menggila kalau ada aktor /artis korea datang ke indonesia . Kita sebagai fans harus tau yang nama nya makananan dari setiap idola kita . Iyakan , betul nggak , iya dong , iya dong . Ha 10 * 10 = 100 *

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s