my new year resolution (Tekad)

Setiap akhir tahun seperti malam ini, selain hingar bingar sekeliling kita dengan eforia pergantian akhir tahun ada satu kata yang selalu eksis di awal tahun. R-E-S-O-L-U-S-I.

Tergelitik dengan permintaan seorang kawan yang saya kenal di dunia maya tentang resolusi, juga posting resolusi ini ditunggu – tunggu oleh seorang kawan baik saya yang bener2 protes mengapa saya mulai jarang menulis sesuatu katanya. Baiklah saya akan menuliskan apa yang menjadi resolusi saya untuk tahun yang akan kita mulai beberapa jam lagi ini. Ditulis karena akan amat banyak jika harus dijadikan bahan chatting. Dan alasan di tulis yang kedua adalah untuk memenuhi permintaan kawan baik saya tadi. Ok lah, boleh saya bilang dia “fans” saya? satu dan mungkin satu2nya yang mengatakan saya punya potensi menulis (menghibur sekali, teman *_*).

Bukan memulai dengan menuliskan resolusi yang pertama, saya malah sibuk cari apa sih arti dari resolusi itu? sibuk2 browsing banyak yang memaknai resolusi dengan cara mereka sendiri, misal :

suatu tekad/ suatu keinginan untuk berbuat/ berubah menjadi lebih baik lagi

perubahan kearah yang lebih baik dari yang sebelumnya

keinginan utk berubah atau suatu perubahan

baiklah, kalo memang itu maksudnya. Tapi dikala saya mulai menulis resolusi saya yang pertama, saya malah menemukan tulisan seseorang yang memprotes mengenai penggunaan kata resolusi oleh kita2 yang kadang suka indolish (orang indo keinggris – inggrisan, istilah apa ini? sumpah saya baru buat barusan dengan asal jeplak aja) * please, jangan juga ributin apa itu jeplak *_*.

Kata mr. bajoe di opininya yang sudah hampir 2 tahun lalu ia tulis katanya ada perbedaan makna resolusi jika ditulis dalam ejaan indonesia.

dalam bahasa Indonesia resolusi berarti:

Putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berupa tuntutan tentang suatu hal.

ini kata Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005) katanya. Jadi resolusi lebih ke arah tuntutan ke pihak lain, bukan ke diri sendiri. Namun mungkin saja benar jika kita memang menggunakannya dalam ejaan bahasa inggrisnya langsung.

something one makes up one’s mind to do

itu kata  kamus Inggris versi Oxford katanya, malah kalo di kamus online yang saya nemu katanya resolution bisa berarti ketetapan hati (biasanya saat new year).

Hi2, jadi ngeributin definisi ya. Tapi karena saya memang gk mau salah. Walau, ya walau menurut saya ini juga. Makna bahasa bisa aja bergeser sesuai kesepakatan asal masing2 tau maksudnya kemana. Sah2 aja yang mau bilang resolusi dalam ejaan indolish. Tapi menghindari saya kena protes baiklah kita ganti aja dengan kata Tekad ya (biar deh gk gaya dikit juga, asal hati tenang🙂

Tekad saya di tahun baru ini adalah……( sebenernya kenapa juga harus di tulis? besok2 juga mungkin lupa lagi)

SEBENERNYA INI TEH MAU NULIS GAK SIH???

hi2..ya ya, baiklah. kita sebut saja harapan ya (berubah lagi istilahnya, padahal dr tadi udah ributin maknanya. dari awal aja atuh kalo gini mah).

Harapan saya tahun 2010

1. saya ingin sehat, itu yang utama.

sehat artinya tidak ada keluhan kesehatan dari dalam tubuh saya. Berarti kudu rajin olahraga dan jaga makanan gitu? (palsu amat). oh ya, apakah kurusan dikit dan punya kulit lebih bersinar bisa masuk kategori ini? baiklah…IN *_*

2. Punya management keuangan yang lebih baik

Makin kesini dunia perduitan makin susah diprediksi aje, namun kemampuan saya mengatur keuangan jalan di tempat, bahkan terkadang mundur kayak ubur2. masih banyak keputusan yang seenak udel, kurang perhitungan dll. yup..ini akan lebih di perhatikan di tahun 2010. Targetnya berkantong tebal sepanjang tahun, dan punya dana darurat, dana kesehatan, tabungan terkunci dan mungkin asuransi.

3. menikmati teknologi

hm, baiklah. cukup sudah hidup sebagai orang kuno yang sentimentil dengan barang lama. Susah banget ganti2 barang. Ujung2nya semua teknologi terlewat gitu aja. Ganti HP yang lebih gaya, beli laptop,camera digital, dan apa lagi ya?

4. Mungkin menemukan karir yang lebih baik. Amin

5. Menulis

Bolehkah bermimpi punya karya tulis yang akhirnya dipublikasikan?

6. Menikah barangkali. eh, gak semuluk kesana dulu. saya ingin menemukan cinta. Ingin merasakan rasa itu lagi terhadap seseorang. Kalo akhirnya menikah ya bagus2 aja…* ayo beranaak…(tadi gak mau muluk, ujungnya tetep lebay)*_*

ah, banyak sebenernya kalo boleh bilang gratis gini mah. kalo memang boleh disimpulkan, harapan saya di tahun depan adalah mendapatkan banyak hal yang mungkin belum saya dapatkan. Amin.

selamat Tahun Baru 1 Muharam 1431 H dan 1 January 2010

semoga kita jadi orang yang lebih baik, itu saja inti semua ini.

13 thoughts on “my new year resolution (Tekad)

  1. Hahaha..
    Gw suka semua..
    Terutama yg nomor 6.
    Semangat!
    Moga kita lebih baik dari sebelumnya.

    FYI : gw menemukan cinta tadi beberapa jam lalu..
    Halah curcol hahaha

  2. setoadjoe untuk bisa tampil sehat n menarik (dalam artian sedikit lebih kurus n lebih terawat)
    setoedjoe untuk lebih pintar berteknologi
    setoedjoe n mendukung mbakku yang satu ini exist dalam menulis n mencari jodoh n mengatur keuangannya
    semoga semua keinginannya tercapai mba

Leave a Reply

