2012 – my special review

 

2012

2012

 

Film 2012, film yang saya tunggu – tunggu. Sejak melihat trailernya di internet beberapa bulan lalu film ini menggugah rasa penasaran juga rasa ingin tahu, seperti apakah visualisasi keadaan yang dikatakan sebuah kiamat itu?

Hari ini setelah kegagalan memperoleh tiket di hari perdana pemutaran di hari Jumat kemarin, akhirnya bersama seorang kawan saya berkesempatan untuk menonton.

21 Desember 2012, diramalkan oleh Suku Maya sebagai the end of the world versi mereka. Suku maya dalam film ini dimunculkan dalam sebuah berita televisi yang menginformasikan terjadi acara bunuh diri masal di suku tersebut. Diketemukan informasi tidak ada lagi penanggalan setelah tanggal tersebut dalam penanggalan Suku Maya. Lalu apakah ini pertanda dihari itulah dunia ini berakhir? 2012 adalah film yang  memvisualisasikan hari itu.

Bermulai dari sebuah gempa, skala kecil rasanya bagi mereka jika melihat betapa minim reaksi terhadap gempa yang lumayan meretakan jalanan aspal itu. Seorang laki – laki bernama Jackson Curtis (John Cusack) diceritakan terlambat bangun untuk untuk memenuhi janji piknik bersama kedua anaknya. Kedua anak ini diasuh oleh mantan istrinya Kate (Amanda peet) yang kini hidup dengan kekasihnya Gordon seorang dokter bedah plastik yang diperankan oleh Thomas McCharthy.

Diceritakan Jackson membawa anak – anaknya justru ke area yang sedang dijaga ketat oleh pemerintah secara rahasia. Daerah yang dipantau karena diduga akan menjadi tempat awalnya bencana bermula. Dari sinilah Jackson terlibat dalam carita hingga akhir. Pengemudi limosin yang sesungguhnya penulis buku2karya ilmiah ini menjadi tokoh sentral selain kehadiran Adrian Helmsley (Chiwetel Ojiofor) si Ilmuwan kulit hitam yang lumayan serba tau disepanjang film.

Adrian diceritakan menjadi ilmuwan yang sibuk memberitahukan perihal kemungkinan terjadinya bencana alam pada tahun ini kepada para pengambil keputusan di Amerika. Sedang Jackson yang sibuk dengan adegan2 bersama keluarganya membawanya kepada informasi bahwa ia dan keluarga juga dunia berada dalam bahaya. Bahaya yang masih saja disimpan oleh pemerintah. Dan apa yang Jacson ketahui membawanya bertemu dengan aktivitas penyelamatan dimana Adrian menjadi bagian didalam penyelamatan itu.

Bencana terjadi satu persatu, dari gempa – gempa kecil yang menunjukan betapa labilnya kerak bumi yang menyangga bumi kita, letusan gunung merapi, tsunami global. Semuanya di visualisasikan begitu dahsyatnya. Walau kadang terasa unreal dikala melihat aksi heroik si pemeran di film tersebut yang selalu berhasil. Mengemudikan pesawat di tengah gempa dahsyat dan gedung – gedung pencakar langit yang runtuh. Atau melarikan diri dari terkaman abu panas letusan gunung merapi (di Indonesia ketika gunung merapi menyala itu ramai disebut sebagai WEDUS GEMBEL). Semua selalu berhasil dan amat amazing melihat ada manusia yang mampu mengendalikan situasi disaat kekacauan alam terjadi sedemikian rupa. ah, baiklah toh ini film tentunya butuh seorang hero atau bintang juga kehebatan seseorang.

Banyak efek bagus yang disajikan selama film, sungguh sayang jika ditonton melalui DVD player atau televisi dengan kualitas biasa – biasa saja. Akan ada ketegangan yang berkurang juga menurunnya tingkat ketercengangan. Namun tetap saja seperti independence day, teh day after tomorrow, semua ini gk lebih dari film bencana yang disajikan ala amerika. Selalu ada superioritas disana. Ah, tontonlah saja. Nikmati semua efeknya, juga scene – scene bagaimana Jackson berupaya menjadi pahlawan keluarganya, bagaimana manusia – manusia saling bereaksi ketika kehancuran menghampiri, tak luput pula pesan moral mengenai menyebalkannya seseorang yang tidak memikirkan keselamatan orang lain. Fakta bahwa apapun yang terjadi manusia memang tidak dianjurkan untuk menghilangkan kemanusiaannya.

————————————————————————————

note khusus :

1. animo masyarakat terhadap film ini amat besar, terlihat bagaimana sold outnya tiket2 film 2012 dalam 3 hari pemutaran ini..bahkan XXI pun berani menayangkannya dalam 3 studio sejaligus

2. Perkara kiamat, saya mengimani versi kepercayaan saya. Hanya Allah yang tau. Namun film ini cukup memberi gambaran betapa nantinya kita memang tidak memiliki daya upaya selain berserah. kekuasaan Allah teramat besar terhadap alam, bahkan untuk menjadikan segala yang ada di dalamnya bagai anai2 yang berterbangan. Wallahualam, hanya mampu mengingatkan kita menjadi orang yg lebih baik lagi mengingat adanya hari akhir, hari perhitungan perbuatan manusia..

3. Sedih Indonesia ada di peta dimana tsunami global itu terjadi namun tidak satupun wakil dari negara ini menjadi penumpang bahtera yang disiapkan bagai kisah nabi Nuh yang membuat kapal dan menyelamatkan manusia n spesiaes2 itu.

4. Naik bahtera (kapal penyelamat) itu butuh 1 juta euro per kursinya. Lucu ketika raja arab tawar menawar harga karena keluarganya banyak

5. Tidak ada scene kabah hancur seperti hancurnya beberapa bangunan terkenal di dunia.mungkin pembuat film tidak mau memicu konflik kepercayaan dengan umat islam. *ah gak tau ketang..serasa dunia arab gk terlalu disentuh selain keluarga raja yg ikut naik bahtera ajaib tadi

6. bersambung…..*ngantuk

 

9 thoughts on “2012 – my special review

  1. Hihi..
    Ku ayana bersambung sagala..
    Halah..
    Baiklah..sayah akan nongton juga..

    *berpikir keras mencari teman..tapi rupanya kebiasaan nongton sendiri masih akan dilakukan..

    Hahaha..

  2. Teknik seperti Deep Impact
    Tema sosial dan kemanusiaan mirip titanic
    American power kayak independence day
    Penyelamatan ala nabi Nuh as
    Ending na mirip wall-e

    Pertanyaan:
    1. Darimana asal datangnya air bah, sampai menyaingi ketinggian pegunungan Himalaya ?
    2. Kemana kemudian air itu surut, sehingga tersisa daratan di sebagian Afrika tengah ?

    • hebat..makin keren dan update aja neh cowo🙂..gk kayak ROMJUL yg telat..hihi. terprovokasi siapa ingin nonton cepat?

      hm, 2 pertanyaan yang saya malas memikirkan jawabannya..hihi…mungkin ketika air naikin himalaya..justru laut surut..kosong🙂

      pertanyaan kedua sepertinya air itu memenuhi dunia..semua terendam..justru benua afrika yang naik melebihi posisi awalnya..sehingga tampaklah daratan…:P

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s