Tuak bin Lahang

penjual tuak

penjual tuak

Hari Minggu pagi lalu, ketika saya berkumpul dengan teman – teman dari Bogor Korean Culture Community (BKCC) di area Taman Koleksi kampus IPB Baranang Siang saya bertemu dengan bapak di panjual Tuak, hm..saya sih menyebutnya tuak. Namun salah satu senior saya pernah menyebutnya dengan sebutan lahang.

Tuak sendiri adalah minuman hasil fermentasi dari bahan minuman atau buah yang mengandung gula (wikipedia). Bicara tentang tuak ini sepertinya yang saya minum tidak beralkohol. Dibuatnya dari pohon aren. Si bapak penjual menjualnya masih dengan cara trandisional yaitu dengan menggunakan batang bambu sebagai wadah yang dipikul (ongkek). Dan membawa sebuah ember berair yang terbuat dari batang bambu juga dengan beberapa gelas yang terpajang disana.

Sebenarnya si bapak ini sering saya lihat, namun saya hampir tidak memiliki kesempatan untuk mencicipi tuak yang ia jajakan. Ketika saya berada di taman itu dan melihat orang lain membeli saya hanya berusaha menahan jatuhnya air liur saya, hi3. Tuak ini sering sekali saya beli ketika saya anak – anak. Baik ketika sedang bermain di sekitar rumah atau jauh dari rumah bersama kawan2 masa kecil. Bermain di suasana panas, sangat menyenangkan bertemu penjual tuak. Rasa minumannya maniiiiiz, terasa dingin di tenggorokan. Dan pagi di hari Minggu ini, saya akhirnya kembali membeli dan merasakan sensasi rasa tuak, langsung dituangkan dari ongkek.


ongkek

ongkek

Buat kamu yang belum pernah mencoba minum tuak dari aren ini, kalo sewaktu – waktu ketemu dengan bapak penjual yang memikul ongkek mungkin boleh juga tuh kamu coba. Jika memang mengkhawatirkan kebersihan gelas yang memang dipakai oleh banyak orang, minta saja dituangkan ke dalam sebuah plastik seperti saya kemarin. hm..kalo memang beruntung, kita akan bertemu dengan rasa tuak yang nikmat.

tiara-ssi & jaka-ssi minum tuak

tiara-ssi & jaka-ssi minum tuak

7 thoughts on “Tuak bin Lahang

  1. Pingback: Dua Sejoli : Lahang dan Samolo « Dunia Aleut!

Leave a Reply

