Pekan Budaya Korea

Ulos vs hanbok

Ulos vs hanbok

Hari Kamis lalu tanggal 15 Oktober 2009 saya dengan teman – teman BKCC (Bogor Korean Culture Community) pergi berniat menghadiri acara Konser Pekan Kebudayaan Korea yang diadakan oleh Kedutaan Besar Republik Korea untuk Indonesia di Usmar ismal Hall, Jakarta. Berdelapan kami pergi sore ditengah hujan itu. Acara akan dimulai pukul 7, namun karena kami sedikit berlama – lama ketika berkumpul di Botani Square Bogor dan ditambah tol dalam kota yang lumayan macet maka terlambatlah kami selama 30 menit.

Fiuh, terancam tidak dapat masuk ke tempat acara mengingat kata salah satu teman orang korea teramat ON TIME. waduh, masih di dalam tol yang merayap padat ada kabar bahwa kami sudah tertinggal 2 pertunjukan pianis. Betul saja, tiba di lokasi kami dinyatakan tidak dapat masuk karena kami terlambat. mungkin jika semua bebas lalu lalang akan mengganggu kekhusyukan acara. beneran neh…hanguk saram bener2 on time dan tegas. Jangankan kami, ada sekeluarga warga korea asli saja tetap harus menunggu dan baru diizinkan masuk ketika ada break sejenak.

Acara malam itu menampilkan permainan piano, penyanyi sopran, paduan suara dari anak – anak korea yang menggunakan hanbok (duh, telat gue), dll juga disisipkan penampilan kulkul band dari indonesia juga paduan suara yang menggunakan pakaian ulos sebagai wakil dari indonesia.

Kami akhirnya berhasil masuk, salah satu kawan berbicara dengan staff dari kedutaan dengan bahasa korea..kalo tidak salah Ara pun sampe menunjukan kartu pers RRI -nya ke petugas sana. Karena ternyata Ara memang mau melaporkan acara itu secara live ke radio malam itu. Berhasilah kami masuk. Bukan acaranya yang membuat saya terpukau. Saya lebih takjub dengan sekitar yang artinya saya dikelilingi orang – orang korea yang selama ini hanya saya lihat di drama. (mendadak merasa ada di Seoul, hi3). gimana ya ?? rasanya kayak yang ngeceng gitu. ngeliatin orang sekeliling, sedikit mendengarkan mereka bicara dengan keluarganya berharap saya bisa meraba apakah artinya bisa saya kira2..(bahasanya teramat familiar).

Selesai acara, saya membantu temen saya untuk berfoto – foto. kami berkeliling ruangan sejenak sebelum pulang. DI depan sebuah ruang seorang wanita korea dengan gaun hitam panjang membuka pintu kaca dan berkata pada saya dengan bahasa inggris bahwa saya dan teman saya dipersilahkan join ke ruangan tersebut untuk menikmati cemilan juga berbagai minuman yang sudah disediakan oleh penyelenggara.

“oh, baiklah ahjuma…kami akan masuk dengan senang hati dan gembira. siapa tau kami bisa melihat – lihat hal lainnya”

waaah, saya mengitari ruangan yang hampir penuh dengan para pengisi acara juga pegawai kedutaan itu. saya memilih mencicipi juice jeruk sedang teman memutuskan meminum juice apel setelah kepanasan dengan teh panas yang ia ambil sebelumnya. Ara sibuk mewawancarai beberapa orang secara live di radio. Ada seorang anak kecil, hingga Mr. Lee sang sekretaris kedutaan. Saya dengan teman memilih memakan cemilan sambil berkeliling dan berfoto dengan anak2 ber-hanbok.

wah, cukup menyenangkanlah karena inilah acara korea yang pertama yang saya hadiri. ditambah bisa berkenalan dengan teman – teman BKCC. Mulai sekarang mungkin jadi ada teman untuk menghadiri acara – acara seperti ini juga selalu mendapatkan informasi dari mereka tentunya..

chingku, anyyeong!!

4 thoughts on “Pekan Budaya Korea

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s