BUBUR AYAM Bogor-Bandung-Cianjur

bubur cianjur

bubur cianjur

Sudah lama sekali ingin menulis perasaan saya tentang bubur ketiga kota ini. Tampak berdekatan dari sisi budaya, bahasa dan suku. Ketiganya sama – sama sunda, namun jangan ditanya tentang rasa buburnya. Lidah saya menyimpulkan ketiganya memiliki rasa yang berbeda.

Pagi jam 10 di minggu lalu, dikala ada 60 menit break sebelum jadwal mengajar kelas selanjutnya. Saya menemani teman saya yang hamil untuk mengobrol sambil makan batagor yang ia inginkan. Sedangh saya memesan bubur ayam cianjur. Halah, gak baca dulu sebelumnya. Mau batalin pesanan gak enak hati. Jadi terhidanglah bubur cianjur seperti tampak di gambar.

Kita bahas dari sisi buburnya, bubur bogor tampak standar kekentalannya, bubur Bandung terasa lebih kental, dan bubur cianjur teramat encer.

Jika kita lihat dari warna kerupuknya, kerupuk bubur Bogor banyak yang berwarna kekuningan seperti di goreng menggunakan minyak bekas menggoreng ayam. Kerupuk bubur bandung berwarna biasa merah muda dan buat saya itu kurang gurih seperti bubur bogor.Kerupuk bubur Cianjur ya tampak agak warna warni.

Bumbunya, ini yang paling beda. Bubur Bogor amat asin dan gurih. ada semacam kecap asin juga bumbu kekuningan yang oleh uwa saya di bandung dikira bumbu kari . Kalo bubur bandung, ada merica dan KECAP yang terlalu banyak, hingga kadang saya merasa aneh..ini mau makan bubur apa semur? . Pada bubur cianjur bumbunya seperti bumbu kari gitu deh yang dicambur daun bawang..agak aneh, tapi better kalo harus makan kecap banyak.

Topping bubur sih rata – rata sama ya. Kacang, seledri, bawang goreng dan ayam suwir. Dari ketiganya tentu lidah saya terbiasa dengan bubur Bogor. Pas rasanya dengan lidah. atau hanya keterbiasaan saja? ah, yang penting lebih enak. Kalo saya makan bubur Bandung saya suka cerewet ama penjualnya. udah dibilang untuk kecapnya sedikit. eh, sedikitnya mereka teh tetep weh terlalu banyak. Kalo bubur cianjur terlalu seperti orang sakit..encer, he4.

Duh, pokoknya enakkan makan bubur yang biasa lewat rumah saya deh di bogor. belum lagi kalo ditambah dengan sate usus ayam dan sate ampela..slurp…

6 thoughts on “BUBUR AYAM Bogor-Bandung-Cianjur

  1. Thanks Benk buat review some of my favorite food. Memang ketiga2nya punya taste yang beda. sedikit disana namun lebih disini tp tetep ajib. Ini contoh dimana perbedaan engga perlu dibuat rumit. Just hajar dan nikmati saja. OK next buat review yg lain tentang makanan ya.
    Ozie Like This

    • hayah…nu koment teh tukang makan deui..hi3…aya teu zi di malaysia mah gampang kali cari bubur..?? kalo ada gimana rasanya? segini gue teh gk nambahin bubur menado, walau udah pernah makan tp karena gk begitu sering jadi takut salah nulisnya. wkwkw..

      lagian ya ini mah penilaian subjektif lidah gue..bukan kayak komentar ahli kuliner

  2. Aya ngan ngarana poho, jeung teuing rasana euy. Masalahna secara visual sih kurang ok. Sayur ma daging na dicampur trus di udek2 langsung jeung bubur + engga ada kurupuk. Orang bilang enak, pedes and gak jauh beda sama bubur medan (cenah mah). Walaupun begitu bubur ni engga masuk saringan mata gw. Bubur ini ada pas puasa ketika banyak mesjid sini siapin makanan gratis.

    • hayah..gue paling anti bubur diaduk ama toppingnya.. gue mah gk pernah di aduk. itu sepupu gue ya kalo di bandung..kecapnya banyak lalu di aduh hingga lumer semua..hayah..siga semur..ah yg top mah yg di bogor suka keliling ditanggung..nikmat!!

Leave a Reply

