Menu Lebaran

Ketemu lagi saya dengan lebaran tahun ini. setelah hampir satu bulan kita berpuasa, hawa2 lebaran akan segera tiba pun mulai terasa. Cukup banyak yang dipersiapkan..terutama persiapan dapur. Nah departemen ini dikuasai oleh ibu saya dengan bantuan sedikit dari kakak perempuan saya. Hm lalu saya dimana?? nanti di departemen kebersihan.

ketupat matang

ketupat matang

Menu yang selalu hadir dikala lebaran setiap tahunnya tidak pernah ada perubahan. sudah memiliki standar baku sesuai kesukaan dan selera rumah. Pada saat lebaran, makanan utama identik dengan ketupat.keluarga saya juga pastinya akan menyiapkan ketupat. Biasasanya 50 bungkus ketupat kosong di isi beras di pagi hari oleh ibu pada hari terakhir berpuasa. Seharian itu dimasak dan mendeketi magrib biasanya ketupat – ketupat matang yang masih panas sudah bisa dinikmati di saat berbuka puasa di malam takbiran, bersama menu lainnya.

opor ayam

opor ayam

Menu wajib lainnya adalah opor ayam, ini sudah dapat dipastikan ada untuk menemani ketupat tadi. Biasanya ibu saya memotong 2 ekor ayam kampung di pasar, pulang sudah tidak berbulu. Tinggalah saya membersihkan bulu2 kecil dari ayam mati tersebut. Opor ini adalah masakan ayam dengan kuah kuning dan tentu saja bersantan. Menu yang ada setiap lebaran dan belum pernah absen.Saya fikir menu ini ada dihampir setiap rumah deh. Opor ayam boleh jadi makanan khas lebaran ke-2 setelah ketupat.

sayur pepaya muda

sayur pepaya muda

Selain opor ayam masih ada sayur yang lain, yaitu sayur pepaya muda. Warnanya merah cabe juga bersantan. hm, isi utama sayur ini adalah pepaya muda yang di kerik panjang – panjang. Rasanya agak pedas namun berasa santan. saya sendiri suka memakannya dengan mencampur sayur ini dengan opor ayam. Nah ini suka jadi jackpot, siapa yang bertugas mengerik pepaya ini, maklum gara – gara tangan suka gatal karena getahnya, kami semua agak – agak males melakukan tugas yang satu ini. tapi tenang, lebaran ini kami sudah punya alatnya yang saya perhitungkan akan mempercepat dan memudahkan pengerikan pepaya muda bergetah ini.

daging rendang

daging rendang

Suka ada yang bikin semur daging? kalo keluarga saya tidak pernah membuat semur. kita bikinnya rendang. Rendang super pedas dengan daging yang empuk karena lama di rebusnya. Dagingnya daging sengkel, yaitu daging dengan urat2 yang melingkar. Biasanya ada di paha dan betis sapi. rendang ibu saya enak sekali looh, nenek saya dan menantunya juga sama enaknya..mereka bertiga cukup jago bikin rendang menurut lidah saya. pokoknya maknyos…aduh jadi gak sabar…makan rendang buatan ibu saya…sore di malam takbiran pasti suda matang..

ayam goreng

ayam goreng

Ada saudaranya opor ayam, yaitu ayam goreng. Nah loh, kok bisa double ayam? iya, ini karena goreng ayam terasa enak ketika dimakan bersama sayur pepaya. Dan lagipula, kadangkala saya gak terlalu suka ayam opor. Sehingga akhirnya menu ini juga dihadirkan, dan biasanya atas permintaan khusus dari saya. makanya, jumlahnya pun tidak akan terlalu banyak. asal ada saja dihari pertama. dan rasanya enak loh kalo kita makan kering – kering bersama ketupat tapi pake tangan..slurp!!!

sambel goreng kentang

sambel goreng kentang

Ini menu favorit dimanapun kapanpun. Buat saya dan kakak laki – laki saya tidak lebaran pun menu ini paling favorit. Sambel goreng kentang dengan taburan irisan ati dan ampela. makanan berwarna merah cabe nan pedas. rasanya enak sekali. Coba makan dengan nasi panas, nikmat!! mau pake ketupat dimakan kering tanpa sayur juga enak, nemenin ayam goreng tadi. slurp!!..bisa merengut neh kalo menu ini ditiadakan. sambel goreng kentang bertabur ati ampela dan kacang merah, nikmat tiada dua (kayaknya semua nikmat ya..:p)

rempeyek

rempeyek

Masakan itu semua dilengkapi dengan kehadiran emping dan rempeyek. Emping emang enak sih, tapi katanya gak terlalu bagus buat yang asam urat. kalo rempeyek kacang, keluarga kami biasanya memesan ke tetangga yang suka buat. tapi tahun ini pindah orang dan rasanya ternyata enak sekali. jangan di tanya tentang rempeyek ya, mau sebanyak apapun pasti habis kalo di rumah saya. dari 5 anggota keluarga, semua kompak suka dengan rempeyek kayang dengan taburan daun jeruk. (LEBARAN, SELAMAT DATANG)

emping

emping

5 thoughts on “Menu Lebaran

  1. Mohon Maaf Lahir dan Bathin dulu ah sebelum cuap2 n menyantap hidangan yang disiapkan oleh tuan rumah hehehe…

    waduh, klo ngomongin masalah makanan utama pada hari lebaran…
    tentunya semua pasti tertuju sama ketupat…
    kayanya lebarang kurang sreg n kurang ofdol tanpa makan ketupat…

    ketupat sudah seperti makanan wajib pada hari lebaran…
    walaupun terkadang ibu saya hanya buat ketupat saja tanpa ada lauk dan juga sayurnya…
    memang ketupat yahud banget deh…
    Mantap banget…
    apalagi klo pake sayur soun n opor ayam…
    ga bakalan bosen deh…

    yang pasti, Hidup Ketupat hehehe….
    Iklan Gratis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s